Laman

TEORI-TEORI ILMU SOSIAL

Dalam mempelajari fenomena sosial dapat menggunakan beberapa teori sebagai dasar pengkajian. Ilmu-ilmu sosial mengenal beberapa teori sosial yang sering digunakan oleh para peneliti,yaitu :
1. Teori Fungsionalisme
2. Teori Perilaku Sosial
3. Teori Konflik

4. Teori Interaksionisme Simbolis
5. Teori Pertukaran Sosial
6. Teori Etnometodologi

Dari ke-6 teori tersebut, no 1-5 telah dibahas dalam perkuliahan. Yang menjadi pertanyaan adalah apa yang menjadi kajian atau penekanan dari toeri etnometodologi (no. 6). Berikan opini saudara maksimal 3 baris.

Artikel Terkait:

46 komentar:

rudy saputro mengatakan...

Nma :Rudy Saputro
NIM :3201410062
Pend.Geo rombeL 2 Semeater 1

Teori Etnometodologi menunjuk bagaimana warg disuatu masyarakt memahami kebutuhn hidupnya sehari-hari dalam menggunakan&menata lingkunganya

Hendra Karuniawan mengatakan...

Nama : Hendra Karuniawan
NIM : 3201410084
PRODI : Pend. Geografi
ROMBEL: 2, Smt 1


Teori Etnometodologi mengkji pda praktek sosial keseharian masyarkt dlm mnggunkan akal sehatnya untuk memahami masalah2 yang muncul dlm kehidupan.

Anonim mengatakan...

Nama : Dwi Rakhmawati.
NIM : 3201410082
Prodi : Pend.Geografi.
Rmbel : 2
Semester : 1

teoti etnometodologi mengacu pada studi tentang bagaimana para individu menciptakan dan memahami kehidupan keseharian mereka, yakni metode para individu dalam menyelesaikan kehidupan sehari-hari mereka.

Anonim mengatakan...

Nama: Nur Sari Rastianingsih
NIM: 3201410036
Prodi : Pend. Geografi
Rombel 3
Semester : 1

Teori etnometodologi mengkaji tentang bagaimana individu dalam menyelesaikan dan memaham kehidupan sehari-hari.

Anonim mengatakan...

NAMA:ULIN NIAM
NIM:3201410022
PRODI:Pend.geografi
Rombel:2

teori etnometodelogi teori yang berkaitan tentang segi kehidupan masyarakat yang berhubungan tentang bagaimana masyarakat memenuhi,menanggapi suatu masalah yang terjadi dalamkehidupan sehari-hari.dan biasanya berkaitan tentang kebutuhan pokok yang dihadapi

Anonim mengatakan...

Nama : Rosian Ratna Meganingrum
NIM : 3201410028
Prodi : Pend. Geografi
Rombel : 2
Semester: 1

Teori etnometodologi menunjuk pada bagaimana warga masyarakat dalam beraktifias serta bagaimana warga di suatu masyarakat memahami kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Anonim mengatakan...

NAMA: SITI NUR AZIZAH
NIM : 3201410012
PRODI:PEND. GEOGRAFI
ROMBEL:II
ETNOMETODOLOGI,adalah suatu cara atau metode seseorang dalam menghadapi fenomena-fenomena kehidupan,dimana cara tersebut di dapatkan dari praktek dalam kehidupan sosial mereka(dalam kesehariannya).

Ginanjar Tejanugraha mengatakan...

NAMA:GINANJAR TEJANUGRAHA
NIM:3201410014
PRODI:Pend.Geografi
ROMBEL:2

Teori Etnometodologi teori aksi/tindakan bahwa motivasi yang mendorong suatu tindakan individu selalu berdasarkan pada aturan atau norma yang ada dalam masyarakat dimana seorang individu hidup.

Anonim mengatakan...

NAMA : BELLIN NAUMORITA
NIM : 3201410078
PRODI: PENDIDIKAN GEOGRAFI
ROMBEL : 2

ETNOMETODOLOGI adalah suatu studi yang berupaya mendiskripsikan dan memahami masyarakat berdasarkan kehidupan sehari - hari.

Anonim mengatakan...

NAMA : DWI CAHYANI
NIM : 3201410072
PRODI : PENDDIDIKAN GEOGRAFI
ROMBEL : II

ETNOMETODOLOGI adalah metode anggota/kelompok/orang yang didapat dari praktek sehari-hari
dalam dunia sosial mereka.

Anonim mengatakan...

NAMA : SUGENG RIYADI
NIM : 3201410080
ROMBEL: II
Etnometodologi adalah metode yang dipakai orang dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari hari.

Anonim mengatakan...

Nama :Bestari Ainun N
NIM :3201410052
Rombel:2

Etnometodologi adalah metode untuk memahami tatanan sosial yang digunakan orang untuk memahami dunia melalui deskripsi kegiatan mereka sehari-hari.

Anonim mengatakan...

NAMA : NUR AZIZAH
NIM : 3201410038
PRODI : PEND. GEOGRAFI
ROMBEL : 2

Etnometodologi merupakan salah satu metode yang dipakai orang dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari, serta pertimbangan (metode) yang mana masyarakat bisa dapat memahami, mencari tahu, dan bertindak berdasarkan situasi dimana mereka menemukan jati dirinya.

Anonim mengatakan...

Nama : Emylia Rani R
NIM : 3201410024
Rombel: 2

Istilah etnometodologi berasal dari bahasa Yunani yang berarti metode yang dipakai orang dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.Secara ilmiah etnometodologi didefinisikan sebagai studi tentang kumpulan pengetahuan yang berdasarkan akal sehat dan rangkaian prosedur serta metode yang biasanya masyarakat bisa memahami, mencaritahu, dan bertindak berdasarkan situasi di mana mereka menemukan dirinya sendiri.

Anonim mengatakan...

Nama : Imron Fachrudin
NIM : 3201410006
Rombel: 2

etnometodologi sebagai penyelidikan atas ungkapan-ungkapan indeksikal dan tindakan-tindakan praktis lainnya sebagai kesatuan penyelesaian yang sedang dilakukan dari praktek-praktek kehidupan sehari-hari yang terorganisir. Etnometodologi Grafinkel ditujukan untuk meneliti aturan interaksi sosial sehari-hari yang berdasarkan akal sehat.

solichun mengatakan...

Nama : SOLICHUN
NIM : 3201410064
ROMBEL: 2
Prodi : Pend.Geografi

Etnometodologi mempunyai pengertian sekumpulan pengetahuan berdasarkan akal sehat dan rangkaian prosedur serta pertimbangan (metode) yang mana masyarakat biasa dapat memahami, mencari tahu, dan bertindak berdasarkan situasi dimana meraka menemukan jati diri.

tio mahmudiarto mengatakan...

NAMA : TIO MAHMUDIARTO
NIM : 3201410002
PRODI : PENDDIDIKAN GEOGRAFI
ROMBEL : 2

Etnometodologi adalah suatu studi tentang praktek sosil keseharian yang diterima secara taken for granted berdasarkan akal sehat (common sense).Teori etnometodologi muncul sebagai penyelidikan atas ungkapan-ungkapan indeksikal dan tindakan-tindakan praktis lainnya sebagai kesatuan penyelesaian yang sedang dilakukan dari praktek-praktek kehidupan sehari-hari yang terorganisir.

sumber:http://kanisehakwain.blogspot.com/2008/05/etnometodologi-dalam-penelitian.html

Anonim mengatakan...

Nama :evyluk meilian syahdini
NIM :3201410090
Rombel 2

etnometodologi adalah sekumpulan pengetahuan berdasarkan akal sehat dan rangkaian prosedur serta pertimbangan (metode) yang mana masyarakat biasa dapat memahami, mencari tahu, dan bertindak berdasarkan situasi dimana meraka menemukan jati diri.sehingga etnometodologi lebih menekan kepada aturan yang berlaku ada kebiasaan pada suatu tatanan masyarakat serta melakukan pola hidup suatu masyarakat.

IMANSAH mengatakan...

NAMA : IMANSAH
NIM : 3201410004
PRODI : PENDDIDIKAN GEOGRAFI
ROMBEL : 2

Ethnomethodologi merupakan metodologi penelitian yang mempelajari bagaimana perilaku social dapat dideskripsikan sebagaimana adanya. Istilah ethnometodologi dikemukakan oleh Harold Garfinkel.
Ethnometodhodologi berupaya untuk memahami bagaimana masyarakat memandang, menjelaskan dan menggambarkan kata hidup mereka sendiri. Agar dapat dibuat laporan ethnographic perlu dipelajari metodologinya, yaitu ethnometodologi.

aziz gagap mengatakan...

hay semuanya,,
met malam,,
lg pada sibuk ngerjain tugas yah,,,heeeee

Anonim mengatakan...

NAMA: ISNA RAHMAWATI
NIM : 3201410054

Yang menjadi kajianya adalah bagaimana cara masyarakat melakukan perbuatan untuk memenuhi kebutuhan atau aktivitas sosial mereka.

VIORINA mengatakan...

NAMA : VIORINA KARTIKA NOVELIA
NIM : 32014100056
PRODI : PENDDIDIKAN GEOGRAFI
ROMBEL : 2

etnometodogi menekankan pada kekuatan pengamatan atau pendengaran dan eksperimen melalui simulasi. Pengamatan atau pendengaran digunakan Grafinkel ketika melakukan penelitian pada sebuah toko

Anonim mengatakan...

Nama :vera novita
NIM :3201410104
Rombel 2

Da;lam etnometodologi lebih terdapat penekanan pada kondisi fisik lingkungan masyarakat serta perilaku dari masyarakat itu sendiri.sehingga dalam penekanan tersebut manusia dapat lebih mudaj mengenal aturan dan jati diri masing-masing.

i dewa ayu mengatakan...

NAMA : I DEWA AGUNG AYU TM
NIM : 32014100026
PRODI : PENDDIDIKAN GEOGRAFI
ROMBEL : 2

etnometodologi adalah suatu bentuk ketidaksetujuannya terhadap pendekatan-pendekatan sosiologi konvensional yang dianggapnya mengekang kebebasan peneliti. Penelitian konvesional selalu dilengkapi asumsi, teori, proposisi dan kategori yang membuat peneliti tidak bebas di dalam memahami kenyataan sosial menurut situasi di mana kenyataan sosial tersebut berlangsung.

LUTHFI HANIFAH mengatakan...

NAMA : LUTHFI HANIFAH
NIM : 3201410060
PRODI : PEND.GEOGRAFI
ROMBEL : 2
Menurut saya etnometodelogi adalah pengetahuan yang di dasrkan pada akal sehat(pemikiran) dan rangkaian prosedur serta pertimbangan (metode) yang mana masyarakat biasa dapat memahami, mencari tahu, dan bertindak berdasarkan situasi dimana meraka menemukan jati diri.kajian etnometologi adalah mayarakat,namun lebih menekan kan pada metode penelitian yang mengamati perilaku individu dalam berperilaku atau menganbil tindakan sesuai kehendaknya (di sadari), dan cara mereka belajar dalam mengambil tindakan itu

muhammad faizal mengatakan...

NAMA : MUHAMMAD FAIZAL
NIM : 3201410020
PRODI : PENDDIDIKAN GEOGRAFI
ROMBEL : 2
Ethnomethodologi merupakan metodologi penelitian yang mempelajari bagaimana perilaku social dapat dideskripsikan sebagaimana adanya. Istilah ethnometodologi dikemukakan oleh Harold Garfinkel menjelaskan bagaimana orang-orang bertindak untuk melihat, menjelaskan, dan menjelaskan keteraturan dalam dunia dimana mereka hidup. Etnometodologi berupaya untuk memahami bagaimana masyarakat memandang, menjelaskan dan menggambarkan tata hidup mereka sendiri.

Anonim mengatakan...

Etnometodologi adalah metode untuk mencapai kehidupan sehari-hari.
Etnometodologi adalah studi tentang bagaimana individu mencapai dan mendalami kehidupan sehari-hari.
tetapi bukan suku-suku terasing melainkan orang-rang dalam berbagai macam situasi dalam kehidupan kita.

Khoirina Fikri Nugraheni mengatakan...

Nama: Khoirina Fikri Nugraheni
Nim: 3201410018
rombel: 2

Etnometodologi adalah metode untuk mencapai kehidupan sehari-hari.
Etnometodologi adalah studi tentang bagaimana individu mencapai dan mendalami kehidupan sehari-hari.

pak...maaf koment yang diatas ni tempat saya tapi lupa nggak dikasih identitas....
tetapi bukan suku-suku terasing melainkan orang-rang dalam berbagai macam situasi dalam kehidupan kita.

Anonim mengatakan...

nama : ragil widyasti
nim : 3201410108
prodi : pend. geografi
rombel : 2

Etnometodologi adalah studi / ilmu yangmempelajari tentengmanusia dan kehidupan sehari-harinya (bagaimana mereka memenuhi kebutuhan dan bermasyarakat) sesuai dengan jati dirinya.

Anonim mengatakan...

Nama : Devia Minggawati
NIM : 3201410048
Prodi : Pendidikan Geografi
Rombel : 2

Kajian teori etnometodologi:pemahaman tentang bagaimana masyarakat memandang, menjelaskan & menggambarkan tata hidup mereka sendiri.

Anonim mengatakan...

Nama :Anis Susanti
Nim :3201410046
Prodi :Pend. Geografi
Rombel:2
kajian dalam etnometodologi menekankan pada kekuatan pengamatan atau pendengaran dan eksperimen melalui simulasi.

Anonim mengatakan...

Nama:Moh.Adibusshofa
NIm : 3201410042
Prodi : Pend.Geografi
Rombel : 2
Etnometodologi adalah metode untuk mencapai kehidupan sehari-hari.
Etnometodologi adalah studi tentang bagaimana individu mencapai dan mendalami kehidupan sehari-hari.
tetapi bukan suku-suku terasing melainkan orang-rang dalam berbagai macam situasi dalam kehidupan kita.

Anonim mengatakan...

Nama :Farchatun
NIM :3201410030
Prodi :Pend.Geografi
Rombel:2,smt 1

Etnometodologi merupakan studi yang dalam prakteknya mengutamakan pada pengamatan dan penelitian melalui latihan.

Suparjo rustam mengatakan...

nama:suparjo rustam
nim:3201410098
prodi:pend.geografi s1
rombel:2
etnometologi adalah suatu studi tentang praktik sosial keseharian yang diterima secara akal sehat.

Anonim mengatakan...

Nama : Daryanti
Nim : 3201410068
Prodi : Pend. geografi
Rombel : 2

Kajian dari teori etnometodologi adalah kegiatan manusia sehari-hari khususnya aspek-aspek interaksi sosial.

Anonim mengatakan...

NAMA : RIZA ARIANTI WIRYANDINI
NIM : 3201410102
PRODI : PEND.. GEOGRAFI
ROMBEL : 2

Teori etnometododologi berupaya untuk memahami bagaimana masyarakat memandang, menjelaskan dan menggambarkan kata hidup mereka sendiri.

Anonim mengatakan...

NAMA: NURUL IFADAH
NIM: 3201410092
PRODI: PEND. GEOGRAFI
ROMBEL: 2

Etnometodologi merupakan pengetahuan berdasarkan akal sehat dimana masyarakat dapat bertindak berdasarkan situasi dimana mereka menemukan jati diri dan berupaya untuk memahami bagaimana masyarakat mendeskripsikan hidup mereka

Anonim mengatakan...

Nama : Novianto Widi Saputra
Nim : 3201410096
Prodi : pendidikan geografi
Rombel : 02

Istilah etnometodologi merupakan istilah dari bahasa Yunani yang berarti “metode” yang digunakan orang dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.Etnometodologi memusatkan perhatian pada kehidupan sehari-hari manusia .

Bella Theo Tomi P mengatakan...

Nama : Bella Theo Tomi P
Nim : 3201410066
Rombel : 02

etnometodologi suatu metode pengumpulan data yang mengacu pada masyarakat agar mengerti dalam pemenuhan kebutuhan sehara-hari.

Anonim mengatakan...

NAMA : IHYA ULUMUDIN
NIM : 3201410044
ROMBEL:2

teoto etnometodologi adalah studi yang mengkaji bagaimana seseorang menjalani kehidupan sesuai dengan lingkungan masyarakatnya

Anonim mengatakan...

NAMA:ZAKY KAFILA
NIM:3201410070
ROMMBEL:2
Etnometodologi sendiri adalah suatu studi tentang praktek sosiL keseharian yang diterima secara taken for granted berdasarkan akal sehat (common sense). Etnometodologi mulai berkembang di tahun 1950 dengan tokoh penggagasnya adalah Harold Garfinkel

Anonim mengatakan...

NAMA : ANDRE KUKUH PAMBUDI HARYANTO
NIM : 3201410058
ROMBEL : 2

Etnometodologi sendiri adalah suatu studi tentang praktek sosail keseharian yang diterima berdasarkan akal sehat.penyelidikan atas ungkapan-ungkapan indeksikal dan tindakan-tindakan praktis lainnya sebagai kesatuan penyelesaian yang sedang dilakukan dari praktek-praktek kehidupan sehari-hari yang terorganisir.

Anonim mengatakan...

ANdre mengatakan :
MAAF PAK... SAYA TELAT NGIRIMIN TUGASNYA....

Nur Khafidin mengatakan...

NAMA : NUR KHAFIDIN
NIM : 3201410094
PRODI : PEND.GEOGRAFI S1
ROMBEL : 2 (DUA)

Etnometodologi adalah adalah sekumpulan pengetahuan berdasarkan akal sehat dan rangkaian prosedur serta pertimbangan (metode) yang mana masyarakat biasa dapat memahami, mencari tahu, dan bertindak berdasarkan situasi dimana meraka menemukan jati diri.

Maaf banget pak.
Saya terlambat mengirim komentarnya.

Mahally mengatakan...

NAMA : MHAMMAD MAHALLY RIZKA
NIM : 3201410106
PRODI : PEND.GEOGRAFI S1
ROMBEL : 2 (DUA)


Enometodologi

Etnometodologi bukanlah metode yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data, melainkan menunjuk pada mata pelajaran yang akan diteliti. Etnometodologi adalah studi tentang bagaimana individu menciptakan dan memahami kehidupannya sehari-hari – metodenya untuk mencapai kehidupan sehari-hari. Subyek etnometodologi bukanlah anggota suku-suku terasing, melainkan orang-orang alam pelbagai macam situasi dalam masyarakat kita. Etnometodolog berusaha memahami bagaimana orang-orang mulai melihat, menerangkan, dan menguraikan keteraturan dunia tempat mereka hidup.
Sejumlah orang berpendidikan telah dipengaruhi oleh pendekatan ini. Pekerjaan mereka kadang-kadang sukar dipisahkan dari pekerjaan peneliti kualitatif lainnya; mereka cenderung melakukan pekerjaan-pekeraan tentang isu yang bersifat mikro, dengan pengungkapan dan kosakata khusus, dan dengan tindakan yang mendetail dan dengan penuh pengertian. Peneliti demikian menggunakan istilah-istilah “pengertian common sense”. “kehidupan sehari-hari”, “Penyelesaian sehari-hari”, “dasar melembaga untuk tindakan sosial”, dan “memperhitungkan”. Menurut para etnometodolog, penelitian bukanlah merupakan usaha ilmiah yag unik, melainkan lebih merupakan “penyelesaian praktis”. Mereka menyarankan agar kita melihat secara hati-hati pada pengertian common sense tempat kita mengumpulkan data dilakukan. Mereka mendorong peneliti untuk bekerja dengan cara kualitatif untuk lebih peka terhadap kebutuhan tertentu menurut mereka atau menangguhkan asumsi mereka tentang common sense, pandangan mereka sendiri, daripada mempertimbangkannya.

Maafkan saya juga Pak.
Saya terlamabat mengkomen tugas ini karena susah cari alamat web-nya.
Maklum saya gaptek.
Terima kasih.

Anonim mengatakan...

nama : juan andi s
nim : 3201410100
prodi: pendidikan geografi
rombel: 2

etnometodologi adalah suatu studi yang mempelajari tentang kehidupan sosial masyarakat dan interaksi sosial yang ada di masyarakat itu.


maaf pak saya terlambat mengoment.

Posting Komentar