Laman

Pengganti Makul TKG

Bentuk atau macam kurikulum tidak hanya yang selama ini kita kenal (Diknas atau dari PUSKUR). tetapi juga ada "hidden curriculum".

Menurut saudara apa yang dimaksud dengan "hidden curriculum" dan berikan contohnya. Jawaban saudara cukup ditulis di bawah postingan ini.



Artikel Terkait:

93 komentar:

rezza_mustagfiri mengatakan...

NAMA :REZZA MUSTAGFIRI
NIM :3201409080
Prodi :Pend.Geografi,smt 3
Hidden curriculum merupakan, hasil sampingan dari pendidikan dalam latar sekolah/luar sekolah yang mengacu pada berbagai jenis pengetahuan yang diperoleh dalam satuan pendidikan sehingga memperkuat ketidaksamaan sosial dalam mendidik siswa dalam berbagai persoalan dan perilaku menurut kelas dan status sosial mereka.
Contohnya:
Gagasan bahwa sekolah menyebarkan lebih dari sekedar pengetahuan,melainkan di balik itu terdapat kritik tentang berbagai masalah sosial seperti implikasi sosial,landasan politik,dan hasil budaya

tri_juniarum mengatakan...

NAMA :TRI JUNIARUM
NIM :3201409070
Prodi :P.Geo
Hidden Curriculum merupakan suatu hasil yang muncul di luar kurikulum resmi pada proses pembelajaran di kelas yang mengacu pada berbagai karakteristik-karakteristik tertentu.
Contoh:
Penyisipan-penyisipan pada saat pembelajaran dengan suatu ajaran-ajaran lain seperti kapitalisme, nasinalisme, dan yang lainnya.

kevin mengatakan...

NAMA :KEVIN C.A.S
NIM :3201409037
Rombel :1 (Satu)

Hidden curriculum adalah proses penanaman nilai-nilai dan sifat-sifat pada diri siswa. Proses ini dilaksanakan melalui perilaku guru selama melaksanakan proses belajar mengajar. Untuk menanamkan sikap disiplin, guru harus memberikan contoh bagaimana perilaku mengajar yang disiplin. Misalnya, memulai dan mengakhiri pelajaran tepat pada waktunya. Jika guru bertujuan menanamkan kerja keras pada diri siswa, maka guru memberikan tugas-tugas yang memadai bagi siswa dan segera diperiksa dan dikembalikan kepada siswa dengan umpan balik. Pengembalian tugas-tugas siswa tanpa ada umpan balik pada kertas pekerjaan secara langsung akan menanamkan sifat tidak usah kerja keras. Karena siswa beranggapan kerja mereka tidak dibaca guru.

Yuhana mengatakan...

Nama : Yuhana Dwi Krisnawati
NIM : 3201409001
Prodi:Pend.Geografi

Hidden Curriculum merupakan suatu proses pembelajaran yang nyata, diluar kurikulum resmi di sekolah.Kurikulum ini lebih menekankan pelajaran nilai-nilai moral pada peserta didiknya.Jadi perilaku guru di sekolah dan bagaimana guru itu memmperlakukan peserta didiknaya sangatlah menentukan dalam tercapainya hidden curriculum ini,karena perilaku itulah yang nantinya akan ditiru oleh peserta didik,inilalah yang dimaksud hidden curriculum.Contoh kecil hidden curiculum:
-Guru mengajak siswa berdoa sebelum memulai pelajaran pertama.
-Ketika guru menyarankan siswa untuk berpakaian rapi,maka guru tersebut juga harus berpakaian rapi.

yafiudin.geografitty mengatakan...

Nama : Nurul Laili yafiudin
MIM : 3201409042
prodi : Pend. Geografi

menurut saya hidden curriculum merupakan kurikulum yang tidak tertulis tapi secara tidak langsung terdapat dalam kegiatan PBM. kurikulum ini mempengaruhi karakter, perilaku siswa dalam kegiatan PBM.

contohnya seorang guru berperilaku santun dan menghormati siswanya, secara tidak langsung siswa juga akan menghormati gurunya, perilaku santun ini tidak terdapat dalam kurikulum nyata atau tertulis.

dwibudiariyanto mengatakan...

Nama :DWI BUDI ARIYANTO
Nim :3201409071
Prodi:P.geografi

Hidden Curriculum adalah merupakan suatu proses pembelajaran tidak formal.suatu pembelajaran di dalam kelas tetapa lebih menekankan pada sifat sifat karakteristik siswa.yang membuat siswa jadi lebih terbiasa dalam melakukannya. contohnya
sebelum belajar setiap siswa harus bi wajibkan derdoa.

firdaus al haq mengatakan...

Nama : Firdaus Al Haq
Nim : 3201409031
rombel: 1

Hidden curriculum adalah curriculum yang tersembunyi, tetapi nyata dalam proses pembelajaran, dan merupakan penyampaian ilmu pengetahuan menggunakan cara berfikir secara analogis di luar kopentensi dasar.
contohnya belajar menghargai orang yang lebih tua, dengan sopan sntun.

Sri Nata Saputri mengatakan...

Nama : SRI NATA SAPUTRI
NIM : 3201409051
Prodi : Pend.Geo
Rombel : 1

Menurut saya, Hidden Curriculum diartikan sebagai kurikulum tersembunyi. Yaitu suatu kurikulum yang menggambarkan segala bentuk proses pembelajaran, yang dapat mengajarkan bahan-bahan pelajaran yang sebetulnya tidak tercantum dalam kurikulum resmi di sekolah.

Konsep kurikulum tersembunyi terkespresikan dalam gagasan bahwa sekolah melakukan lebih dari sekedar menyebarkan pengetahuan, seperti tercantum dalam kurikulum resmi.

Kurikulum tersembunyi bagi setiap siswa berbeda-beda sesuai dengan pengalaman belajar mereka.
Contohnya, sikap hormat siswa terhadap gurunya berbeda-beda satu sama lain.
Setiap siswa juga memiliki perilaku yang berbeda-beda di sekolahnya. Ini juga menjadi tanggung jawab seorang guru, agar menjadi tauladan yang baik bagi muridnya.

Sri Nata Saputri mengatakan...

Nama : SRI NATA SAPUTRI
NIM : 3201409051
Prodi : Pend.Geo
Rombel : 1

Menurut saya, Hidden Curriculum dapat diartikan Kurikulum tersembunyi. Yaitu suatu kurikulum yang menggambarkan segala bentuk pembelajaran yang mengajarkan bahan-bahan pelajaran yang berhubungan dengan sekolah, walaupun tidak tercantum dalam kurikulum resmi.

Konsep kurikulum tersembunyi terkespresikan dalam gagasan bahwa sekolah melakukan lebih dari sekedar menyebarkan pengetahuan, seperti tercantum dalam kurikulum resmi.

Kurikulum tersembunyi ini menitik beratkan pada pengajaran etika, norma, dan moral kepada siswa. Dalam kurukulum ini, setiap siswa memperoleh hasil yang berbeda satu sama lain, tergantung dari penglaman belajarnya. Contohnya, sikap hormat siswa terhadap gurunya berbeda-beda satu dengan yang lain. Ada siswa yang berperilaku sopan dan ada pula yang tidak. Ini merupakan tanggung jawab seorang guru untuk jadi tauladan yang baik.

Arief mengatakan...

ARIEF BUDIMAN
3201409036
Pend.Geografi
Rombel : 1

Hidden Curiculum atau kurikulum tersembunyi merupakan suatu kurikulum yang tidak secara resmi diterapkan oleh pemerintah namun pada kegiatan belajar mengajar ada contoh contoh kurikulum yang tersembunyi.
Kurikulum ini juga dapat menunjang kurikulum yang berlaku.

Unknown mengatakan...

nama:nur laily
nim:3201409012
prodi:pendidikan geografi
rombel:1

hidden curriculum(kurikulum tersembunyi)merupakan merupakan kurikulum yang terjadi dari segala sesuatu yang mempengaruhiketika sedang mempelajari sesuatu.kurrikulum ini sangatlah komplek dan sulit untuk diketahui dan nilai.
contohnya:ketika seorang guru ingin menanamkan pada muridnya untuk rajin belajar maka setiap hari guru tersebut memberikan PR pada siswanya, dan PR tersebut dikumpulkan dan si guru mengoreksi atau untuk mengecek muridnya belajar atau tidak, pada pertemuan tertentu diadakan ujian dadakan.

erny tri nurjayanti mengatakan...

nama:erni tri N.
nim:3201409025
prodi:p geo
rombel :2

hidden curriculum adalah segala sesuatu yang terjadi tanpa direncanakan terlebih dahulu yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menilai muridnya.

comtoh:
guru yang berpakaian rapi setiap hari mengharapkan agar muridnya juga selalu berpakaian rapi ketika ke sekolah.

Layla fani mengatakan...

nama : Layla Ramdhan Nurfasani
NIM : 3201409043
Prodi : Pend geografi
Rombel : 1

Hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) adalah Kurikulum non formal yang diterapkan dalam kegiatan pendidikan.dengan kata lain kurikulum tersebut tidak tercantum pada tujuan pendidikan.seorang guru menanamkan berbagai jenis pengetahuan dan moral dengan caranya sendiri tanpa menyimpang dari apa yang tercatat pada kurikulum resmi

Contohnya: seorang guru menyamakan murid sebagai seorang koruptor dan akan menghukum muridnya apabila ketahuan suka mencontek, hal ini akan berpengaruh pada murid,murid akan berpikir 2 kali untuk mencontek saat mengerjakan

Nila Amallia mengatakan...

Nama: Nila Amallia
NIM : 3201409014
Prodi : Pend. Geografi
Rombel: 1

Hidden Curriculum disebut juga kurikulum tersembunyi adalah kurikulum yang diterapkan di sekolah namun tidak secara tersurat tercantum sebagai tujuan.Hidden Curriculum sebagai upaya sekolah untuk tidak hanya menyebarkan pengetahuan seperti yang ada pada kurikulum resmi tapi terarah pada pendidikan norma. Contoh :seorang guru mengajarkan muridnya untuk datang ke sekolah tepat waktu, memberi salam pada guru dan teman-teman sebelum mulai pelajaran, berdoa sebelum dan setelah pelajaran.

Retno Ristianingrum mengatakan...

Nama : Retno Ristianingrum
NIM : 3201409016
Rombel : 1

hidden curriculum atau kurikulum tersembunyi merupakan kurikulum yang didalamnya mencakup acuan dalam pembelajaran yang tidak tertulis, tetapi di gunakan dalam proses belajar mengajar secara terus- menerus...

contoh:

seorang guru mengajar dengan santun, secara tidak langsung sang guru juga mengaharapkan siswanya untuk santun berbusana dan berbicara

agil dian mengatakan...

nama : agil dian prasetyo
nim : 3201409015
prodi: pend. geo
rombel : 1

Hidden Curriculum atau kurikulum tersembunyi adalah suatu kurikulum yang muncul dengan sendirinya tanpa ada konsep secara tertulis di silabus, hal ini terjadi secara spontanitas yang akan berpengaruh ketika sedang mempelajari sesuatu. Pengaruh-pengaruh ini mungkin muncul dari berbagai komponen yang ada di sekolah tersebut, baik guru, siswa, kepala sekolah dll. sehingga akan terjadinya dinamika yang tanpa disadari akan membentuk suatu tradisi atau karakteristik yang khas dengan lingkungan sekolasekolah yang lainnya. Hidden Kurikulum biasanya terjadi ketika pada saat proses belajar mengajar dan lurikulum ini begitu luas, kompleks, sulit diketahui dan dinilai.
contoh :
di dalam kelas ketika guru menerangkan mata pelajaran dan kemudian guru melontarkan sebuah pertanyaan kepada siswa(atau sebaliknya). dengan adanya sebuah pemikiran yang terjadi di PBM tersebut akan terjadi dinamika ataupun korelasi antara guru dan siswa, sehingga ilmu yang disampaikan tersebut akan lebih berkembang dan PBM akan berjalan efektif. hal tersebut terjadi secara spontan tanpa direncanakan sebelumnya.

ana fauzia geo mengatakan...

NAMA : ANA NUR FAUZIYAH
NIM : 3201409004
PRODI: PEND. GEOGRAFI

Hidden curriculum atau kurikulum tersembunyi / kurikulum terselubung adalah merupakan hasil (sampingan) dari pendidikan dalam latar sekolah atau luar sekolah, khususnya hasil yang dipelajari tetapi tidak secara tersurat dicantumkan sebagai tujuan.
contoh :
Seorang guru mengajarkan sikap yang sopan santun kepada muridnya.

DIANA INDRIASTUTI mengatakan...

NAMA:DIANA INDRIASTUTI
NIM:3201409023
PRODI:PEND.GEOGRAFI

Hidden kurikulum adalah sebuah penyampaian ilmu pengetahuan dengan menggunakan cara berfikir ‘metafor’, analogis di luar ‘pagar-pagar’ kompetensi dasar, kepada anak didik secara tersembunyi, yang disampaikan di sela-sela penyampaian materi, atau disampaikan sebelum melangkah ke materi pokok. Muatan materi yang hendak disampaikan tidak mesti sama substansinya dengan yang termaktub dalam silabus.
Misalnya, ketika guru fisika hendak memberi pengetahuan tentang moral, tata-nilai yang dianut masyarakat ‘beradab’ sebelum mengajar materi pokok, guru bercerita tentang perilaku menyimpang yang baru saja dijumpai di lapangan, atau dari bacaan, film, dan lain sebagainya yang tentu saja disampaikan dengan gaya tutur kata yang baik.

Ratna Dwi Setyowati mengatakan...

NAMA : RATNA DWI SETYOWATI
NIM : 3201409006
ROMBEL: 1

Hidden Curriculum atau kurikulum tersembunyi adalah kurikulum yang berasal dari Segala bentuk pendidikan, yang dapat mengajarkan bahan-bahan pelajaran yang sebetulnya tak sengaja karena bukan berhubungan dengan sekolah, tetapi dengan pengalaman belajar yang tidak tercantum dikurikulum. Kurikulum ini mengacu pada berbagai jenis pengetahuan yang diperoleh dalam pendidikan.
Contohnya: Membagi siswa dalam beberapa kelompok diskusi. Dengan topik yang berbeda-beda. Dan mengajak siswa mengeluarkan pendapat dari pertanyaan guru.

Sinta Selvi Windria mengatakan...

NAMA:SINTA SELVI W
NIM:3201409024

. Hidden Curriculum
Hidden Curriculum atau kurikulum tersembunyi adalah kurikulum yang terjadi dari segala sesuatu yang mempengaruhi ketika sedang mempelajari sesuatu. Pengaruh ini mungkin dari pribadi guru, dari anak didik itu sendiri, dari karyawan sekolah, atau hal-hal lain yang berada dilingkungan sekolah. Kurikulum tersembunyi muncul ketika sedang berlangsungnya kurikulum ideal atau kurikulum aktual. Kurikulum tersembunyi ini sangatlah kompleks, sulit diketahui dan dinilai.

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

NAMA: SUCIATI
NIM: 3201409017
PRODI: PEND. GEOGRAFI

Kurikulum tersembunyi merupakan penyampaian ilmu pengetahuan diluar kompentensi dasar dan diajarkan pada sela-sela penyampaian materi atau pada saat sebelum masuk ke dalam materi. Untuk sekarang ini Hidden curriculum di Indonesia lebih diperhatikan dengan adanya usul dari presedin RI untuk memasukkan Hidden Curriculum ke dalam silabus dan dilaksanakan pada stiap proses pembelajaran di sekolah-sekolah. Kurikulum ini dinamakan Pendidikan karakter bangsa yang mempunyai tujuan untuk mengembalikan nilai-nilai banga Indonesia yang sarat dengan sopan santun dan menumbuhkan rasa cinta tanah air. contoh: pada saat proses diskusi di dalam kelas siswa di ajarkan untuk tidak memotong pembicaraan dan menghormati pendapat dari siswa lain

Anonim mengatakan...

nama : m.muzamzam diar achda
nim : 3201409030

hidden curriculum ialah kurikulum yang secara tidak langsung ada dalam silabus tanpa adanya hal/fakta tertulis . Kurikulum ini sering muncul setelah pelaksanaan kurikulun ideal berlangsung , yang secara tidak langsung memberi dampak baik bagi guru , murit , dan anggota sekolah lainnya.
contohnya :
penyisipan informasi informasi aktual kepada seluruhnyayang bersangkutan . Dimana ini bisa menjadi tambahan wawasan dan ilmu selain apa yang sudah ada dikurikulum yang tersedia.

Agung Budi Raharjo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Agung Budi Raharjo mengatakan...

Nama : Agung Budi Raharjo
NIM : 3201409011

menurut saya hidden curriculum adalah suatu proses penanaman suatu nilai-nilai dan sifat-sifat pada diri siswa, dimana semua ini dilaksanakan lewat perilaku guru selama melaksanakan proses belajar mengajar.

contoh : seorang pendidik atau seorang guru harus menunjukkan nilai-nilai kedisiplinan kepada anak didiknya kalau menginginkan anak didiknya menjadi disiplin. misalnya seorang guru harus masuk kelas tepat waktu.

niLa mengatakan...

NAMA : Nila Puspitasari
NIM : 3201409007

Sekolah yang telah berkomitmen untuk mengembangkan karakter melihat diri mereka sendiri melalui lensa moral, untuk menilai apakah segala sesuatu yang berlangsung di sekolah mempengaruhi perkembangan karakter siswa. Pendekatan yang komprehensif menggunakan semua aspek persekolahan sebagai peluang untuk pengembangan karakter. Ini mencakup apa yang sering disebut dengan istilah kurikulum tersembunyi, hidden curriculum

contoh :
pengajaran oleh guru kepada murid secara tidak langsung dalam lingkup sekolah setiap hari yang dapat mempengaruhi berkembangnya proses pembelajaran, seperti menegur dikala murid itu salah dan juga memberi contoh kepada murid tentang hal2 yang positif di lingkungan sekolah

vitaa mengatakan...

Nama: vita nandiasari
Nim: 3201409044

Hidden curriculum yaitu kurikulum yang tidak direncanakan atau segala sesuatu yang terjadi tetapi tidak tertulis sebelumnya, yang memang sengaja diaplikasikan yang tidak tertuang secara kontekstual. Dan bertujuan menanamkan nilai dan sifat pada peserta didiknya.
Contoh: guru memberikan perilaku mengajar yang berdisiplin kepada muridnya.

oktavia anggun mengatakan...

nama : oktavia anggun p
nim : 3201409021

hidden kurikulum merupakan penyampaian ilmu pengetahuan kepada sisiwa yang diberikan di sela - sela penyampaian materi pokok. atau merupakan jembatan sebelum masuk kedalam materi pokok. misalnya saat seorang guru geografi akan menyampaikan materi tentang penghijauan di bumi,guru terlebih dahulu menyampaikan tentang global warming

rio n'way mengatakan...

nama : aji setya rio N.C
nim : 3201409028

menurut pendapat saya, hidden kurikulum merupakan sarana untuk menstimulasi peserta didik agar mendapatkan gambaran temtang materi pokok yang akan diajarkan.

misalnya,ssaat awal ajaran baru seorang guru tau dosen memberi gamabran umum tentang materi yang akan diajarkan.

Khatam Prastyohadi mengatakan...

NAMA : KHATAM PRASTYOHADI
NIM : 3201409009

Menurut saya hidden curriculum/kurikulum tersembunyi adalah kurikulum diluar kurikulum sekolah yang tdak sengaja diajarkan kpada pra siswa,yang bertujuan agar para siswa mengetahui dan memahami norma2 sosial yg ad dlm msyarakat,,sehingga siswa memiliki sifat dan kepribadian yg baik di msyarakat,,

contoh : Saling Bertegur sapa terhadap tetangga,,,

Anonim mengatakan...

Nama/Nim:Muarif ichda H/3201407022

Hidden curriculum yaitu segala sesuatu yang terjadi pada saat pelaksanaan kurikulum ideal menjadi kurikulum faktual dapat berupa pengaruh guru,kepala sekolah,tenaga administrasi maupun peserta didik,contoh:kebiasaan tepat waktu seorang guru akan berpengaruh pada pembentukan kepribadian peserta didik.

Dimaz mengatakan...

Nama : Dhimas Aries Prasetya
NIM : 3201409062
Prodi : Pend. Deografi
Rombel: 2

Menurut saya, secara sederhana Hidden Curriculum berasal dari 2 kata yang berbeda yaitu Hidden dan curriculum. kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda, hidden berasal dari kata Hide yang berarti sembunyi, sedangkang curriculum adalah perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. hidden curriculum berarti seperangkat mata pelajaran namun sifatnya diajarkan secara tidak langsung.

contoh : guru mengajarkan kepada murid secara tidak langsung mengenai tata tertib disekolah, yaitu, tidak merokok, membuang sampah sembarangan dan bertutur sapa yang sopan.

Kurniawan P.A. mengatakan...

Nama : Kurniawan P.A.
Nim : 3201409040
Rombel : 1
menurut saya hidden curuculum yaitu
suatu kurikulum yang tersembunyi,dimana suatu pengajaranya tidak tercantum dalam suatu kurikulum yang tertulis dan tidak bersifat tidak begitu formal. Dapat diajarkan dengan perbutan sehari-hari.
contoh : seorang guru datang disiplin sebelum waktu mzk,yang bertujuan mengajarkan siswanya untuk disiplin.

cipta adi mengatakan...

Nama : Cipta adi w
Nim : 3201409013
Prodi : pend Geografi
Rombel 1

Kurikulum tersembunyi atau kurikulum terselubung, secara umum dapat dideskripsikan sebagai “hasil (sampingan) dari pendidikan dalam latar sekolah atau luar sekolah, khususnya hasil yang dipelajari tetapi tidak secara tersurat dicantumkan sebagai tujuan”. [1] Beragam definisi lain telah dikembangkan berdasarkan pada perspektif yang luas dari mereka yang mempelajari peristiwa ini. Segala bentuk pendidikan, termasuk aktivitas rekreasional dan sosial tradisional, dapat mengajarkan bahan-bahan pelajaran yang sebetulnya tak sengaja karena bukan berhubungan dengan sekolah tetapi dengan pengalaman belajar.

Contoh : Yaitu sikap dari pengajar atau guru secara tidak langsung adalah pelajaran yang dapat di ambil oleh murid....

fauzi kurnia mengatakan...

Nama : Fauzi Kurnianto
NIM : 3201409018

Menurut saya, hidden curiculum atau kurikulum tersembunyi merupakan suatu bentuk penyampaian ilmu pengetahuan kepada siswa yang bersifat non formal atau tidak tercantum pada materi pokok dan penyampaiannya sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Contohnya seperti guru memberikan pengetahuan tenhtang kedisiplinan dan nilai moral yang berlaku di masyarakat.

Unknown mengatakan...

nama;sri lestari
nim:3201409038
rombel:2

Hidden curriculum menurud saya adalah suatu pengajaran yang tersirat dalam suatu proses pembelajaran.
jadi hidden curiculum tidak tersrtuktur dalam silabus atau panduan pembelajaran lainya,melainkan terdapat pada proses pembelajaran yang sedang berlangsung secara tersirat.Dalam hidden curriculum bukan isi tentang mata pelajaran yang menjadi objek namun lebih ke prilaku mental tingkah laku serta serta budaya
contohnya adalah saat pengajar menerangkan tentang materi pembelajaran yang ada,pengajar mengunakan bahasa yang baik hal tersebut dimaksudkan agar siswa meniru tingkah lakun nsi pengajar

Unknown mengatakan...

nama : tyas mahardhika
nim : 3201409027

menurt saya hidden curriculum merupakan suatu pengajaran tersembunyi, artinya proses penyampaian terhadap peserta didik dilakukan dengan biasa saja, akan tetapi tidak tertulis didalam kurikulum yang ada.
sebagai contoh yaitu seorang guru yang mengajarkan tentang sesuatu yang bersifat disipin.

Unknown mengatakan...

Nama : Dian Fatmawati
Nim : 3201409026


Menurut saya hidden curriculumn adalah suatu kurikulum keluaran atau produk hasil dari sekolah non formal yang di dalamnya juga mempelajari aspek atau nilai sosial yang tidak tertulis dan mengedepankan skill atau keahlian siswanya. Dan di dalam hidden curriculumn biasanya diikuti dengan norma, nilai, kepercayaan, dan tingakah laku.
contohnya berlajar sosial tentang aturan edan norma yang ada di masyarakat, tentang sistem tata negara, kualitas hukum, sistem politik demokrasi agar para siswanya ke depan bisa menjadi generasi yang lebih baik.

Nur Is... mengatakan...

Nur Isnaini
3201409088
rombel 1

hidden curikulum atau dalam bahasa indonesia sama artinya dengan kurikulum tersembunyi merupakan alat dan metode untuk menambah khasanah pengetahuan anak didik di luar materi yang tidak termasuk dalam pagar-pagar silabus. hidden kurikulum ini dapat disampaikan oleh guru di sela-sela pembelajaran atau saat mau masuk ke dalam materi.

contoh dari hidden kurikulum yaitu penyampaian guru kepada anak didiknya tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta dampak yang dapat ditimbulkan jika tidak menjaga kebersihan lingkungan. Pengetahuan tersebut dapat diperkaya dengan banyaknya waktu guru untuk membaca.

Unknown mengatakan...

Nama : Ambar Tri Hutami
NIM : 3201409029
Prodi : Pend. Geografi
Rombel : 02

Menurut saya, Hidden Curriculum atau kurikulum tersembunyi merupakan suatu bentuk lain dari rangkaian pembelajaran atau pendidikan yang secara tidak sengaja terdapat dalam pembelajaran di sekolah, atau dengan kata lain kurikulum ini tidak direncanakan sebelumnya, sehingga memang tidak tersurat di dalam kurikulum resmi.
Contoh : seorang guru yang berperilaku baik, sopan, dan santun. Hal itu untuk mengajarkan kepada siswanya agar senantiasa bertingkah laku yang baik pula sesuai dengan nilai dan norma yang ada.

pika mengatakan...

Nama : Yuspika Maharani
Nim : 3201409090
Rombel: 2

Menurut saya, Hidden Curriculum merupakan ajaran dari sekolah yang kadang-kadang diterapkan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar, namun mungkin tidak terlihat secara jelas atau tertulis secara resmi.

contoh : Norma

Ashlih mengatakan...

Nama : ashlih fitriani
Nim : 3201409049
Prodi : pend Geografi
Rombel : 1


kurikulum tersembunyi mengacu pada berbagai jenis pengetahuan yang diperoleh dalam sekolah dasar dan menengah, biasanya dengan suatu konotasi negatif yang mengacu pada ketidaksamaan yang muncul sebagai akibat hal tersebut. Sikap ini berasal dari komitmen sistim sekolah yang mempromosikan demokrasi dan memastikan pengembangan kecerdasan yang sama. Sasaran tersebut dihalangi oleh pelajaran-pelajaran yang tak terukur ini.[2]. Dalam konteks ini, kurikulum tersembunyi disebut sebagai memperkuat ketidaksamaan sosial dengan mendidik siswa dalam berbagai persoalan dan perilaku menurut kelas dan status sosial mereka

Contoh : Aturan aturan yang ada di sekolah yang secara tidak langsung dapat mendidik seorang siswa.

Tina mengatakan...

Nama : Agustina Ridhowati
nim : 3201409095
Rombel: 2

Menurut saya, hidden curriculum merupakan suatu sistem ajaran yang terdapat pada suatu lembaga pendidikan, namun sifatnya abstrak dan lebih mengacu atau menitikberatkan pada norma norma yang berlaku dimasyarakat pada umumnya.

contoh : seorang guru, secara tidak langsung mengajarkan pada muridnya begitu pentingnya menjaga kebersihan, kerapian dan kesopanan baik di lingkungan sekolah ataupun di luar lingkungan sekolah.

Himmatul Amanah mengatakan...

Nama ; Himmatul amanah
Nim : 3201409097
Prodi : PEnd Geografi
Rombel 1

Hidden curiculum adalah sebuah pengajaran tentang sebuah ilmu yang berbasisi dari pengalaman tiap siswa. dimana pengalaman itu bisa di dapat dari sekolah maupun luar sekolah. dan itupun berbeda beda tiap siswa

contoh : sisawa mendapat pengalaman dari sebuah sekolah tentang tata aturan yang harus di lakukan ketika ada di dalam kelas...

firin cangel mengatakan...

Nama : Mustafirin
Nim:3201409058
Rombel :2

Menurut pendpat saya Hidden curriculum yaitu suatu bentuk dari rangkaian belajar yang sifatnya tidak secara terencana dalam proses belajar mengajar atau tidak direncanakan sebelumnya proses penanaman nilai-nilai dan sifat-sifat pada diri siswa. Proses ini dilaksanakan melalui perilaku guru selama melaksanakan proses belajar mengajar. pengalaman pembelajaran yang dipelajari secara tidak langsung oleh para murid dan kesannya adalah di luar kawalan guru.
Contoh hidden curiculum:
-Guru mengajak siswa berdoa sebelum memulai pelajaran pertama dan terakhir ketika mau pulang
-Ketika guru menyarankan siswa untuk berpakaian rapi,maka guru tersebut juga harus berpakaian rapi.
-guru mengajarkan kebersihan dalam kelas yaitu mengahapus papan tulis
-seorang guru mengajarkan kepada siswanya untuk saling menghormati
.

geograffitty mengatakan...

NAMA: DEASY RATNA S.
NIM: 3201409054
PR0DI: Pend.ge0
R0mbl. 1

Hidden curriculum adalah cara penyampaian kpd anak didik scr tersembunyi yg disampaikan ketika sedang berlangsung kurikulum ideal/aktual,yg disampaikan brupa nilai2 & budaya disekitar hidup murid ,baik di sekolah,masyarakat,ataupun keluarga,cara ini dapat berpengaruh terhdp perubhan nilai, persepsi,dan perilalu murid,karena yg dibicarakan adalh hal yg riil trjadi.
Contoh: guru bercerita tentang tindakan anarki siswa SMA yg sedang tawuran,hal ini di selipkan saat pelajaran sosiologi

Unknown mengatakan...

Indah Dwi Kusumawati
3201409091

Hidden Curriculum atau kurikulum tersembunyi merupakan sebuah penyamapaian ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sebagi alat dan metode yang dapat menambah khazanah pengetahuan anak didik di luar materi yang tidak termasuk dalam pagar-pagar silabus seperti budi pekerti,sopan santun,menciptakan dan menimbulkan sikap apresiatif terhadap kehidupan lingkungan.Selain itu,hidden curriculum berfungsi sebagai pencairan suasana,menciptakan minat, dan penghargaan terhadap guru jika disampaiakan dengan gaya tutur dan keanekaragaman pengetahuan guru.

Hidden curiculum juga dipakai sebagai jembatan di ruang kelas (belajar-mengajar) antara kompetensi dasar,materi standar, dengan silabus.Misalnya, ketika guru fisika hendak memberikan pengetahuan tentang moral tata nilai yang dianut masyarakat "beradab" sebelum mengajar materi pokok,guru bercerita tentang perilaku menyimpang yang baru saja dijumpai di lapangan atau dari bacaan,film,dan sebagainya.Tentu saja itu disampaikan dengan gaya tutur yang jauh dari kesan menggurui atau berkhotbah.

muhamad ruly haichal mengatakan...

muhamad Ruly haichal halim
3201409035
rombel 01

Kurikulum tersembunyi atau kurikulum terselubung, secara umum dapat dideskripsikan sebagai “hasil (sampingan) dari pendidikan dalam latar sekolah atau luar sekolah, khususnya hasil yang dipelajari tetapi tidak secara tersurat dicantumkan sebagai tujuan",
Hidden curriculum dilaksanakan melalui perilaku guru selama melaksanakan proses belajar-mengajar. Untuk menanamkan sikap disiplin, guru harus memberikan contoh bagaimana perilaku mengajar yang berdisiplin.
siswa menerapkan apa yang dilihat, bukan di dengar, kalau sudah demikian, kita akan sulit untuk “memperbaikinya” karena sudah terlanjur menjadi kebiasaan. Untuk itu, berhati-hati dalam bertindak, berperilaku, bertutur kata adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh para pendidik dalam uapaya mewujudkan hidden curriculum yang positif, karena bagaimana pun “keteladanan” sangat berperan besar dalam mendidik anak dibandingkan dengan “kehebatan” berceramah/berpidato di depan kelas

contoh : seorang siswa membuang sampang dengan seenaknya sendiri padahal pada pelajaran ipa atau agama diajarkan membuang sampah pada tempatnya, ini terjadi karena mereka melakukan apa yang mereka lihat sehari hari.

TATAN SETIAWAN mengatakan...

tatan setiawan
3201409041
rombel 01

menurut saya hidden curriculum adalah sistem pendidikan,yang mendidik, dengan keteladanan/contoh ataupun refleksi hidup sehari-hari (dalam istilah sekarang CBSA). Dalam hal pendidikan budi pekerti lebih diutamakan pelaksanaan daripada ajaran atau wacana/omongan .
kurikulum tersembunyi ada yang positif ada yang negatif..

contoh..pada saat upacara guru yang menjadi panutan /yang menjadi contoh didepan ..tidak dalam posisi siap(berdiri seenaknya) maka secara tidak langsung murid juga menirunya.

Unknown mengatakan...

rifki yusuf
3201409034
rombel 01
menurut saya hidden curriculum atau kurikulum tersembubyi adalah kurikulum yang tida langsung, penanaman nilai dan sifat pada anak didik dimana pemberianya ini dilaksanakan lewt proses kegiatan belajar mengajar yang tidak langsung melalui tindakan atau perkataan.
contoh kerapihan berpakaiaan guru dikelas tanpa sengaja akan menjadi panutan bagi murid.

reckz_ mengatakan...

reka nur afrian
3201409005
rombel 1

hidden curiculum mrupakan curriculum yang tersembunyi namun digunakan secara jelas dalam sistem pengajaran pendidikan biasanya hiiden curriculum dgunakn sbg curriculum penunjang atau pembantu curriculum yang berlaku

contoh guru yg mngajarkan nlai-nilai kesopanan dan kerapian

Dwii mengatakan...

NAMA:DWI KURNIAWATI
NIM:3201409020
ROMBEL:01
Hidden curriculum atau kurikulum tersembunyi merupakan suatu bentuk dari rangkaian belajar yang sifatnya tidak secara terencana dalam proses belajar mengajar atau tidak direncanakan sebelumnya proses penanaman nilai-nilai dan sifat-sifat pada siwa.
Contohnya adalah ketika seorang siswa membuang sampah sembarangan karena menirukan perbuatan gurunya yang pernah dilihatnya membuang sampah sembarangan.

Riezka mengatakan...

NAMA : RISKA ISTYAS APRIYANI
NIM : 3201409069
ROMBEL : 1

Hidden curriculum{kurikulum tersembunyi}merupakan kurikulum yang terjadi dari segala sesuatu yang mempengaruhi seseorang ketika sedang mempelajari sesuatu hal.Pengaruh ini timbul dari pribadi guru,anak didik itu sendiri,karyawan sekolah atau hal-hal yang berhubungan{berada} dilingkungan sekolah.
kurikulum tersembunyi adalah kategori luas yang mencakup semua nilai-nilai yang belum diakui dan kadang-kadang pengetahuan yang tidak di inginkan serta mengacu pada nilai-nilai yang tidak disengaja atau implisit dibudidayakan dalam praktek yang dilakukan dikelas atau institusi pendidikan melalui penerapan kurikulum.
contoh :anak-anak dikatakan tidak dihargai hanya untuk belajar subjek kurikulum mereka,tapi muncul untuk melakukannya dengan semangat,kewaspadaan dan menghormati.

lella mengatakan...

Fuadiah Laillatul Fajri
3201409065
Rombel 1

Hidden curriculum adalah kurikulum yang tidak hanya diajarkan di dalam kelas melainkan di luar sekolah.Kurikulum tersembunyi/hidden curriculum dapat mengajarkan bahan-bahan pelajaran yang sebetulnya tidak sengaja karena bukan berhubungan dengan sekolah tetapi dengan pengalaman belajar.Kurikulum ini memperkuat ketidaksamaan sosial dengan mendidik siswa dalam berbagai persoalan dan perilaku menurut kelas dan status sosial mereka.Kurikulum tersembunyi juga dapat merujuk pada transmisi norma, nilai, dan kepercayaan yang disampaikan baik dalam isi pendidikan formal dan interaksi sosial di dalam sekolah-sekolah maupun pengalaman siswa-siswanya.
Contohnya: Orang tua pendidik utama,pertama dalam keluarga.Dalam hal ini orang tua memberikan pendidikan,perilaku dan budi pekerti.

Aneurythm mengatakan...

Ferry Chandra Putra
3201409077

Menurut saya Hidden Curriculum merupakan suatu system pembelajaran yang secara tak langsung di berikan kepada peserta didik, yang selalu ada pada setiap sarana pendidikan. Dimana setiap Hidden Curriculum pada setiap sarana pendidikan itu berbeda-beda. Faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah :
- Letak geografis, misalnya system pembelajaran pada sarana pendidikan di daerah dataran tinggi berbeba dengan yang ada pada dataran rendah.
- Sosial Budaya, misalnya system pembelajaran pada masyarakat jawa berbeda dengan masyarakat batak.

Aneurythm mengatakan...

NAMA : A. TAUFAN ARI P.
NIM : 3201409055

Hidden Curricilum adalah suatu system pembelajaran yang tidak termasuk dalam system pembelajaran yang sebelumnya, dengan kata lain berarti berada diluar kurikulum yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Unknown mengatakan...

nama = wijianto
nim = 3201409099
prodi = pend.Geografi
rombel= 2

hidden curriculum adalah segala sesuatu yang terjadi tanpa direncanakan terlebih dahulu yang dapat meningkatkan maanfat belajar mengajar.Dengan kata lain,Hidden Curriculum sebagai upaya sekolah untuk tidak hanya menyebarkan pengetahuan seperti yang ada pada kurikulum resmi saja tapi terarah pada pendidikan contohnya norma.

contoh;
pengajar ikut serta mumbaur dalam permainan yang sedang dimainkan para murid,voly/sepakbola misalnya saat jam istirahat.Disini murid bisa melatih posisi diri mereka dimanapun dan kapanpun dalam berkehidupan sosial tanpa memandang status.

Brahmantya Blog mengatakan...

NAMA : BRAHMANTYA HIMAWAN
NIM : 3201409072
ROMBEL: 2

Hidden Curriculum adalah kurikulum atau pengajaran yang tidak ada/di kurikulumkan tetapi nyata dalam proses pembelajaran, dan merupakan penyampaian ilmu pengetahuan menggunakan cara langsung...contoh: memberi salam saat guru masuk kelas,,berdoa sebelum kelas dimulai,,menghargai orang lain dan sebagainya,,

ME_RIEN mengatakan...

MERIENA MUSTIKANING KUSSUSILO
3201409063
ROMBEL 1

Menurut pendapat saya, hidden curriculum merupakan suatu cara atau metode mengajar di mana materi yang diajarkan tidak langsung berhubungan dengan sekolah akan tetapi berhubungan dengan pengalaman belajar. Kurikulum ini mengikuti perkembangan kebudayaan dan akan berbeda penerapannya pada masing-masing siswa. Contoh : Penanaman nilai dalam pribadi siswwa seperti berdoa,sopan santun,patuh, disiplin.

nur faizah mengatakan...

NUR FAIZAH
3201409061
ROMBEL 1

Menurut saya, Hidden Curriculum adalah salah satu cara ataupun metode pembelajaran baik dalam sekolah maupun luar sekolah,namun hasilyang dipelajari tidak secara tersurat dicantumkan dalam tujuan. Hidden Curriculum memperkuat ketidaksamaan sosial dengan mendidik siswa dalam berbagai persoalan dan perilaku menurut kelas dan status sosial mereka. Dan Hidden Curriculum selalu berubah-ubah seiring dengan berkenbangnya pengetahuan dan keyakinan masyarakat.

Wahono mengatakan...

Nama : Wahono
Nim :3201409067
Rombel : 2
Prodi :Pend.Geo
Menurut saya Hidden Curriculum adalah suatu kurikulum yang tersembunyi atau proses penanaman nilai-nilai dan sifat-sifat pada diri siswa. Proses ini dilaksanakan lewat perilaku guru selama melaksanakan proses belajar mengajar. Untuk menanamkan sikap disiplin, guru harus memberikan contoh bagaimana perilaku mengajar yang disiplin. Contohnya , memulai dan mengakhiri pelajaran tepat pada waktunya. Kalau guru bertujuan menanamkan kerja keras pada diri siswa, maka guru memberikan tugas-tugas yang memadai bagi siswa dan segera diperiksa dan di nilai.

Unknown mengatakan...

NAMA : DENI PUSPITA SARI
NIM : 3201409046

Menurut saya hidden curiculum atau kurikulum tersembunyi adalah suatu bentuk rangkaian belajar dalam proses pembelajaran yang tidak terencana atau tidak ada dalam suatu kurikulum. Materi yang diberikan berupa penanaman nilai dan budaya yang ada di lingkungan sekitar murid.

Unknown mengatakan...

NAMA:ANISA RISTIYANI
NIM:3201409060

Menurut saya hidden kurikulum adalah kurikulum tersembunyi atau kurikulum terselubung.Secara umum kurikulum terselubung ini tidak termasuk dalam materi pembelajaran dalam silabus,kurikulum ini biasanya mengajarkan hal-hal yang berkaitan dg kehidupan dan perilaku dalam masyarakat misalnya moral budaya dalam masyarakat,norma-norma,biasanya diambil dari pengalaman yang di jumpai dalam masyarakat,kurikulum ini biasanya diajarkan sebelum pelajaran di mulai supaya lebih terkesan kepada siswa atau dilaksanakan pada sela-sela pelajaran yang seang berlangsung supaya murid-murid tidak jenuh dan juga disampaikan dalam waktu yang relatif singkat,hannya beberapa menit.
Contoh:seorang guru yang sedang masuk dalam kelas untuk mengajar sebelum pelajaran di mulai guru ini menasehati siswanya dan bercerita kalau tadi sebelum berangkat ke sekolah seorang guru itu tadi melihat anak SMA kebut-kebutan sepeda motor dan tidak memakai helm.guru itu menasehati siswanya agar tidak melakukan hal seperti itu karena termasuk perbuatan yang tidak menaati aturan lalu-lintas.

mymind08 mengatakan...

nama : m. yusuf
Nim : 3201409094

menurut saya hidden curriculum merupakan sebuah kurikulum yang tidak tersurat dalam kurikulum sebenarnya atau kurikulum yang tidak direncanakan sebelumnya. kebanyakan yang diajarkan dalam hidden krikulum ini adalah tentang norma, etika, dan sikap seorang siswa terhadap lingkungan disekitarnya.

Anonim mengatakan...

nama: danny yanuar widayanto
nim : 3201406515

hiiden kurikulum merupakan kurikulum yang abstrak dibalik kurikulum sebenarnya. tujuanya untuk memberikan penanaman pengerahuan nin akademik kepada siswa. biasanya kurikulum ini mengajarkan atau menanamkan berbagai nilai-nilai atau norma budaya membangun akhlak dan lain-lain.

Unknown mengatakan...

Nama:Mifta Nurjanah
NIM: 3201409082
Rombel: 2
Menurut pendapat saya hidden curriculum dapat dikatakan pula sebagai kurikulum yang tersembunyi dalam pelaksanaanya yang tidak secara langsung diterapkan.Hidden curriculum biasanya pembeljarannya berupa norma,etika,tingkah laku seorang murid terhadap guru ataupun oarng yang lebih tua,yang bertujuan agar murid dapat lebih menghargai,menghormati orang yang lebih tua serta terhadap lingkungannya pula.
contoh:seorang guru mengajarkan tata cara berbicara kepada orang yang lebih tua dengan nada suara yang halus dan tidak dengan suara yang keras

mariyanto o7o3 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
mariyanto o7o3 mengatakan...

nama :Didik Cahyo Mariyanto
Nim:3201409022
rombel:1

hidden cirriculum merupakan metode dari pengajar untuk bisa mengakrabkan diri kepada peserta didik,sehingga siswa akan lebih interaktif saat proses belajar mengajar ,dalam artian akan terciptakan situasi yang saling berinteraksi sehingga akan membuat senang untuk belajar.
contonya ialah seorang guru memberikan perhatian kepada suluruh siswa dan memahami setiap karakter dari siswa,sehingga siswa akan tidak canggung dalam mengungkapkan perasaan apabila siswa belum jelas saat diberikan materi.
terimakasih.

Unknown mengatakan...

nama:zoenita fitriani
nim :3201409083
rombel:2

hidden curriculum adalah suatu metode pambelajaran yang dapat diperoleh dari hal-hal yang terjadi di sekitar kita dan dapat menjadi suatu metode pembelajaran.serta hal ini dapat berpengaruh terhadap perilaku anak karena merupakan suatu kebiasaan yang ada dalam masyarakat.

Anif Sukmawati ( Mambo) mengatakan...

nama : Anif Sukmawati
nim : 3201409086
Rombel: 1

Menurut saya hidden kurikulum atau kurikulum tersembunyi atau bisa disebut juga sebagai kurikulum terselubung adalah suatu kurikulum yang menggambarkan segala bentuk pembelajaran yang mengajarkan bahan-bahan pelajaran yang berhubungan dengan sekolah, walaupun tidak tercantum dalam kurikulum secara resmi resmi.Dalam kurikulum ini materi pembelajaran tidak termasuk dalam silabus tetapi berhubungan dengan pengalaman belajar. Kurikulum tersembunyi juga dapat merujuk pada transmisi norma, nilai, dan kepercayaan yang disampaikan baik dalam isi pendidikan formal dan interaksi sosial di dalam sekolah-sekolah . Penerapan kurikulum ini bisa berbeda untuk masing-masing siswa dan akan berubah sesuai dengan perkembangan kebudayaan masyarakat itu sendiri.

Contoh dari hidden curriculum ini adalah :
Seorang guru mengajarkan norma-norma sosial dan kesusilaan seperti saling menghargai, bertutur kata yang sopan, berpakaian yang baik, rapi dan santun, serta contoh-contoh lainnya.

immortality mengatakan...

nama : Ulfatun Nihayah
nim : 3201409081
rombel: 1
menurut saya hidden curiculum atau kurikulum tersembunyi adalah kurikulum yang tidak tertulis secara resmi,hal ini berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar setiap hari..
Hidden curikulum lebih bersifat kepada pengajaran nilai, etika dan norma dimana siswa dididik untuk lebih cerdas dalam bertingkah laku.

contoh hidden curriculum adalah siswa dididik untuk berbicara sopan kepada yang lebih tua.

De sogol mengatakan...

alif purwoko
3201409064
rombel 2
hidden curiculum atau bisa juga disebut kuikulum yersembunyi merupakan kurikulum yang masih merhubungan dengan pembelajaran namun tidak tertulis atau dengan kata lain tidak resmi.

diyah innex mengatakan...

Ahadiyah Ratnasari
3201409092
rombel 02

Hidden curiculum dapat diartikan sebagai sebuah pembelajaran yang tidak sengaja muncul serentak dengan proses pembelajaran yang ada sehari-hari, tanpa tercantum dalam kurikulum yang telah ditetapkan, oleh karena itu disebut sebagai hidden curiculum atau dikenal dengan kurikulum tersembunyi.
Contoh : Pembelajaran atau pengetahuan yang tidak sengaja muncul karena lontaran pertanyaan dari siswa kepada guru ataupun sebaliknya, seperti halnya tentang sopan santun dan perilaku.

asih mengatakan...

kurniasih
3201409033
rombel 02
Hidden curriculum merupakan suatu proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh pengajar dan kegiatan pembelajaran itu tidak masuk dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Misalkan seorang guru mata pelajaran Geografi menyarankn untuk solat lima waktu, atau mengajarkan tatakkrama dalam kehidupan sehari-hari.

Frendy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Bayu Wijayanto mengatakan...

Nama : Bayu wijayanto
NIM : 3201409079
Rombel : 02

Hidden Curriculum adalah beberapa hasil atau produk dari sekolah atau pengaturan non sekolah,yang dapat mengajarkan pelajaran yang tidak disengaja karena terkait belum tentu untuk sekolah melainkan untuk pengalaman belajar.Kurikulum ini merupakan pengalaman pembelajaran yang dipelajari secara tidak langsung oleh para murid dan kesannya adalah di luar kawalan guru. Pembelajaran sampingan berlaku disebabkan cara kurikulum itu disusun dan kaedah-kaedah pengajaran yang diterapkan oleh guru dan persekitaran di sekolah. Contohnya, kita lihat melalui situasi disiplin, apabila seseorang murid tidak manyiapkan kerja yang diberi untuk disiapkan di rumah,mungkin guru menasihati murid berkenaan mengubah sikap ataupun guru tersebut mungkin mendenda murid tersebut. Tindakan yang dilakukan oleh guru bukan saja menjadi pengajaran kepada murid berkenaan, malah menjadi pengajaran kepada murid-murid lain juga.

sjoekoer mengatakan...

NAMA





NAMA : Muhammad Syukur
NIM : 3201409096
PRODI : PEND. GEOGRAFI
Hidden Kurukulun atau Kurikulum Tersembunyi adalah bentuk kurikulum yang tidak disampaikan secara langsung melainkan tujuan dari adanya kurikulum dilaksanakan dalam proses belajar mengajar. Seperti halnya adanya pendidikan ilmu di sekolah-sekolah disertai dengan pendidikan moral di dalamnya

jaka cabby mengatakan...

nama Jaka budi A
nim 3201409074
prodi Pend geografi


hidden kurrikulum mungkin dimaksudkan untuk pembentukan sifat, pembentukan karakter, moral, mungkin dan lain2....
disekolah khan tidak hanya pelajaran2 saja ea thow..

dikyJu mengatakan...

nama ; diky jaya s
nim 3201409089
rombel 2

hidden kurikulum, merupakan kurikulum tersembunyi yang di tujukan pada siswa didik. hidden kurikulum ini diberikan kepa siswa didik tanpa sepengetahuan siswa..yang bertujuan seperti pembentukan mental, pembangunan karakter,

eccahozy.. mengatakan...

Nama : Saekhul Indrianto
Nim : 3201409053
Rombel : II
Prodi : Pend.geografi

Hidden Curriculum atau kurikulum tersembunyi yakni kurikulum tidak tertulis secara formal yang berpengaruh terhadap pembentukan akhlak peserta didik,
Pendidikan nilai, moral dan etika merupakan salah satu contoh hidden curriculum yang secara integral terkait dengan hampir semua mata pelajaran sekolah. Keberhasilan menanamkan dan menumbuhkembangkan nilai-nilai tersebut tergantung dari peranan pendidik.

Andriyawan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Andriyawan mengatakan...

Nama Andriyawan
Nim 3201409084
rombel 2
Hidden Curriculum atau kurikulum tersembunyi yaitu segala sesuatu yang terjadi pada saat pelaksanaan kegiatan mengajar. Segala sesuatu itu bisa berupa pengaruh guru, kepala sekolah, tenaga administrasi, atau bahkan dari peserta didik itu sendiri.

contoh
Kebiasaan guru datang tepat waktu ketika mengajar di kelas akan menjadi kurikulum tersembunyi yang akan berpengaruh kepada pembentukan kepribadian peserta didik

Frendy mengatakan...

NAMA: FRENDY CHINTAMANA WIDAWAN EKAPUTRA
NIM :3201409059
ROMBEL 2

Hidden Curiculum adalah Sesuatu yang dipelajari oleh siswa secara tidak langsung/implisit (tidak dinyatakan secara tertulis), dimana konsepnya terletak di luar konteks pengajaran resmi (kurikulum nyata). Kurikulum ini tidak diprogamkan, tidak dirancang, dan tidak direncanakan dan meliputi segala pengalaman yang dipelajari secara tidak formal.....

Contoh: Peniruan siswa terhadap tingkah laku guru, interaksi/pembicaraan siswa dan guru yang bersifat non formal tapi tetap mengandung unsur edukasi.....

modemoody mengatakan...

NAMA:MOH.ZAINUDIN
NIM:3201409085
ROMBEL:2

hidden curiculum adalah kurikulum yang tidak tertulis secara langsung yang harus diterapkan dalam proses KBM tetapi lebih menekankan pada pola pikir,sikap dan perilaku yang diajarkan/di contohkan oleh guru secara langsung melalui contoh yang riil.

contoh:penceritaan guru atas segala pengalaman yang telah dialaminya kepada murid agar murid dapat meniru atau mengambil hikmah ddari apa yang telah diceritakan oleh sang guru.

kikik mengatakan...

Nama : kiki Ari Cahyo P
Nim : 3201409075

Menurut saya, hidden curiculum merupakan suatu ajaran yang diajarkan kepada peserta didik, namun secara tidak langsung, dan banyak diterapkan di kehidupan sehari-hari.

contoh : Norma-Norma dalam kehidupan sehari hari, baik dirumah, disekolah ,ataupun di lingkungan.

Unknown mengatakan...

NAMA :EKA PUJI HERYAWANTI
niM :3201409052
Hidden curiculum adalah kurikulum yang tidak tertulis secara langsung yang harus diterapkan dalam proses KBM tetapi lebih menekankan pada pola pikir,sikap dan perilaku yang diajarkan/di contohkan oleh guru secara langsung melalui contoh yang riil.

contoh:penceritaan guru atas segala pengalaman yang telah dialaminya kepada murid agar murid dapat meniru atau mengambil hikmah ddari apa yang telah diceritakan oleh sang guru.

pepie mengatakan...

nurya dwi saputra
3201409057
hidden curriculum adalahhasil sampingan dalam pendidikan dalam latar sekolah maupun luar sekolah kususnya hasil yang di pelajari tetapi tidak di cantumkan secara tersurat sebagai tujuan...
contoh: misal seorang guru memberikan nasehat dalam pelajaran tetapi sedikit menyipang dari pelajaran agar siswa dapat menerapkan dari apa yang telah di nasehatkan.

taohid mengatakan...

Nama : Taohid agus p
Nim : 3201409073
hidden kurikulum merupakan sebuah penyampaian kompetensi dasar kepada anak didik secara tersembunyi yang disampaikan di sela-sela penyampaian materi atau sebelum melangkah ke materi pokok,materi yang biasanya disampaikan adalah sebuah pendidikan moral ,budi pekerti ataupun sikap tanggap terhadap lingkungannya.
contoh : guru menyuruh muridnya berdoa sebelum dan sesudah pelajaran. atau guru menceritakan cerita lucu tetapi terdapat makna yang terkandung didalamnya disela-sela pelajaran berlangsung.

Unknown mengatakan...

nama:Dewi sugiarti
nim:3201409056
rombel:2

Hidden curiculum merupakan suatu kurikulum yang tidak tertulis dalam sistem pendidikan tetapi dilaksanakan dalam proses pembelajaran dan ini bertujuan supaya siswa berkelakuan yang baik.
Contoh:siswa harus berbicara yang sopan saat berbicara kepada guru atau orang yang lebih tua begitu pula guru harus menggunakan bahasa yang halus saat mengajar.

prastika mengatakan...

Nama:Prastika Ristianingrum
NIM:3201408038

Hidden Curiculum bukan merupakan suatu kurikulum yang resmi..tetapi merupakan suatu hal yang sebenarnya tidak disengaja tetapi hal ini merupakan suatu contoh yang baik.biasanya hidden curiculum ini bukan merupakan aturan yang tertulis tp berupa misalnya ucapan atau lisan.
contohnya:sopan santun antara siswa kepada gurunya dan sebagai guru pun tidak semena-mena kepada siswa-siswanya,saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

adheey mengatakan...

nama : eko adi septiyanto
nim :3201409050
rombel :1

Kurikulum
tersembunyi (hidden curriculum) adalah kurikulum yang tidak
direncanakan.Kurikulum ini antara lain berupa aturan-aturan tak tertulis
dikalangan siswa. Hal
ini menunjukkan bahwa hidden curriculum tidak direncanakan oleh sekolah
dalam menjalankan berbagai programnya serta tidak ditulis dan dibicarakan oleh
para pendidik (guru).

sRie mengatakan...

Nama:Sri Yuliani
Nim :3201409068

Hidden Curriculum(kurikulum tersembunyi) merupakan hasil dari pendidikan dalam latar sekolah atau luar sekolah,khususnya hasil yang dipelajari tetapi tidak tersurat dicantumkan sebagai tujuan.
Hidden curriculum ini digunakan sebagai alat atau metode pembelajaran untuk menambah pengetahuan siswa dimana materinya tidak tercantum secara langsung dalam silabus.
Contoh:Seorang guru yang mengajarkan pentingya menjaga kebersihan kelas,selalu berdisiplin,memperhatikan pelajaran dengan baik.

sufa_manchunian mengatakan...

Nama : Failasufa DF
Nim : 3201409047
Rombel : 1

Menurut saya, hidden curiculum merupakan kurikulum yang dibuat diluar kurikulum resmu. Namun kurikulum tersebut tetap mengacu pada kurikulum resmi yang dikeluarkan pemerintah daerah maupun pusat. Akan tetapi hidden curiculum itu sendiri mengadopsi dari kurikulum yang ditetapkan pemerintah dengan merevisi sebagian untuk menetapkan atau berdasar pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada didaerah tersebut..

Posting Komentar