Laman

Pengganti Kuliah Kosmografi 3 September 2010

Sebagai pengganti kuliah Hari Jumat tanggal 3 September 2010, berikut ada hal yang harus saudara laksanakan.

1. Memberikan opini atau pendapat saudara tentang :
Perbedaan dan persamaan antara KOSMOGRAFI, KOSMOLOGI, ASTRONOMI, ASTROLOGI
2. Cukup di-comment di bawah postingan saja.

Terima kasih

Artikel Terkait:

61 komentar:

Anonim mengatakan...

NAMA : RIFQI EL FARABI
NIM : 3201410073

persamaannya adalah ilmu yang mempelajari tata surya (jagad raya).

perbedaannya adalah :
1 kosmografi : ilmu yang mengkaji tentang gambaran alam semesta.
2 kosmologi : ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta.
3 astrologi : ilmu yang digunakan untuk menterjemahkan kegiatan benda-benda langit untuk kepentingan manusia.
4 astronomi : ilmu yang menjelaskan dan mengamati kejadian di alam semesta

Anonim mengatakan...

Sandi Faizal Akbar ( 3201410019 )

Persamaan : Ilmu" yakni kosmologi, kosmografi, astrologi, dan astronomi yaitu sama" ilmu yang mempelajari tentang benda - benda langit dalam tata surya atau jagat raya ini. Yang sama - sama dikaji dan dipelajari untuk mengetahui bagaimana angkasa luar dan jagat raya ini.

Perbedaan :
1. Kosmologi : ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar. Secara khusus, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek. Kosmologi dipelajari dalam astronomi, filosofi, dan agama.

2. Kosmografi : bagian ilmu perbintangan yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada sebelumnya di alam raya, dengan tidak mengingat mengenai perubahan-perubahan fisik dalam benda-benda langit.

3. Astrologi : Astrologi menunjuk kepada yang mana pun di antara beberapa sistem pengetahuan untuk mengerti, dan menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet, dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari. Bagi banyak astrologer, hubungan itu tidak perlu sebab musabab. Astrologi tidak adalah yang sama sebagai astronomi. Astronomi sering dikelirukan dengan astrologi, dan sebaliknya. Karena mereka menganggapnya sebagai tidak mengikuti tingkat metode ilmiah ilmuwan dari negara barat secara umum menolak astrologi untuk menjadi ilmu semu.

4. Astronomi : Astronomi adalah salah satu di antara sedikit ilmu pengetahuan di mana amatir masih memainkan peran aktif, khususnya dalam hal penemuan dan pengamatan fenomena sementara. Astronomi jangan dikelirukan dengan astrologi, ilmusemu yang mengasumsikan bahwa takdir manusia dapat dikaitkan dengan letak benda-benda astronomis di langit. Meskipun memiliki asal-muasal yang sama, kedua bidang ini sangat berbeda; astronom menggunakan metode ilmiah, sedangkan astrolog tidak.

Demikianlah komentar dari saya yg beberapa diambil dari situs" yang mempelajari tentang kajian tersebut. Trima kasih..

Anonim mengatakan...

Nama : Arsi surya prasanta
Nim : 3201410069

persamaannya adalah ilmu yang mengkaji jagad raya.

perbedaannya adalah.
1.KOSMOGRAFI adalah ilmu yang mengkaji penggambaran alam semesta, baik langit maupun bumi (atau benda-benda langit lainnya).
2. KOSMOLOGI adalah ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar. Secara khusus, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek.
3.ASTROLOGI adalah menunjuk kepada yang mana pun di antara beberapa sistem pengetahuan untuk mengerti, dan menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet, dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari.
4.ASTRONOMI adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya.

Anonim mengatakan...

nama:dwi rakhmawati(3201410082)
A.persamaan:
#.sama-sama ilmu yang mempelajari tentang benda-benda luar angkasa(langit)

B.perbedaan:
#.1.kosmografi : merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam gambaran alam semesta dan menjelaskan hukum - hukum yang terjadi di alam semesta.
#.2.Kosmologi : ilmu yang mempelajari stuktur dan sejarah alam semesta berskala besar.
#.3.Astronomi : ilmu yang mempelajari tentang asal-usul evolusi, sifat fisik benda yang ada diluar angkasa.
#.4. Astrologi : ilmu yang mempelajari tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi berdasarkan posisi gerak gerik relatif benda langit

Anonim mengatakan...

NAMA : EKA KURNIA SARI
NIM : 3201410111
PRODI : PENDIDIKAN GEOGRAFI

PERBEDAAN KOSMOGRAFI, KOSMOLOGI, ASTRONOMI, ASTROLOGI :
1. Kosmografi adalah ilmu yang menguraikan dan memberikan gambaran tentang alam semesta serta menjelaskan fenomena dan hukum-hukum yang terjadi dialam semesta
2. Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar,Secara khusus ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu objek.
3. Astronomi adalah ilmu yang mempelajari fenomena perbintangan atau sering disebut sebagai ilmu perbintangan.
4. Astrologi adalah ilmu yang menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif benda langit terutama matahari, bulan, planet.

PERSAMAAN KOSMOGRAFI, KOSMOLOGI, ASTRONOMI, ASTROLOGI
- sama-sama mempelajari fenomena yang terjadi dialam semesta atau jagad raya dan aspek dinamikanya dengan gejala-gejala yang diakibatkannya.

Anonim mengatakan...

Nama:SYAEPUL ANAM
NIM :3201410087

Persamaan :
Ilmu" yakni kosmologi, kosmografi, astrologi, dan astronomi yaitu sama" ilmu yang mempelajari tentang benda - benda langit dalam tata surya atau jagat raya ini,dikaji dan dipelajari untuk mengetahui bagaimana angkasa luar dan jagat raya ini,baik dari segi terbentuknya,perkembanganya,isi,susunan,sejarah.

Perbedaan :
1. Kosmologi
ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar dan secara khusus berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek. Kosmologi dipelajari dalam astronomi, filosofi, dan agama.

2. Kosmografi :
Ilmu yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada sebelumnya di alam raya, dengan tidak mengingat mengenai perubahan-perubahan fisik dalam benda-benda langit.

3. Astrologi :
Astrologi adalah ilmu pengetahuan untuk mengerti, dan menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet, dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari.Hubungan itu tidak perlu sebab musabab. Astrologi tidak adalah yang sama sebagai astronomi.


4. Astronomi :
Astronomi adalah ilmu yang khusus mempelajari penemuan dan pengamatan fenomena sementara. Astronomi jangan dikelirukan dengan astrologi, ilmusemu yang mengasumsikan bahwa takdir manusia dapat dikaitkan dengan letak benda-benda astronomis di langit. Meskipun memiliki asal-muasal yang sama, kedua bidang ini sangat berbeda; astronom menggunakan metode ilmiah, sedangkan astrolog tidak.


di ambil dari situs
http//google/kosmologi
http//google/kosmografi.
http//google/astrologi.
http//google/astronomi.

Anonim mengatakan...

NAMA : GILANG SASONGKO
NIM : 3201410045
PRODI: PENDIDIKAN GEOGRAFI

1.Kosmografi adalah ilmu penegtahuan yang menguraikan dan memberikan gambaran tentang alam semesta serta menjelaskan fenomena dan hukum yang terjadi di alam semesta.
2. Kosmologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berupaya memahami struktur spasial,temporal,dan komposisional alam semesta dalam skala besar.
3. Astronomi adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di ruang angkasa.
4. Astrologi adalah ilmu semu yang mengaitkan bahwa takdir manusia terkait dengan benda-benda langit.

Anonim mengatakan...

Sugiyanto(3201410079)
A.PERSAMAAN
#.Ilmu yang sama-sama mempelajari tentang benda benda langit(luar angkasa)
B.PERBEDAAN
#1.KOSMOGRAFI:Ilmu yang mempelajari benda langit tapi lebih menekankan fenomena dan hukum-hukum di alam semesta.
#2.Kosmologi:ilmu yang mempelajari benda langit tapi lebih menekankan pada sejarah,stuktur alam semesta.
#3.astronomi:ilmu yang mempelajari benda langit tapi lebih menekankan sifat fisik,and kimiawi benda langit.
#4.astrologi:ilmu yang mempelajari benda langit tapi lebih menekankan letak perbintangan yang di hubungkan dengan manusia

Anonim mengatakan...

NAMA : ERNI ADHIYANTI PUJI RAHAYU
NIM : 3201410015
PRODI: Pend.Geografi

PERBEDAAN:
1.Kosmografi:ilmu yang mempelajari jagad raya atau tatasurya dan aspek dinamikanya dalam hubungannya dengan gejala yang diakibatkan(alam dan kehidupan)
2.Kosmologi:ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar,secara khusus ilmu ini berhubungan dengan asal mula evolusi dari suatu objek.
3.Astronomi:ilmu yang mempelajari asal-usul,evolusi,sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat dilangit/diluar bumi,juga proses yang melibatkan mereka.
4.Astrologi:ilmu yang menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi,berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit terutama matahari,bulan,planet seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir.

PERSAMAAN:
kosmologi,kosmografi,astronomi dan astrologi sama-sama mempunyai objek/kajian tentang jagad raya atau tata surya.

Anonim mengatakan...

novalino pawori mingge ( 3201410013 )

persamaannya adalah semua ilmu tersebut sama - sama mempelajari tentang ilmu" yg mempelajari alam semesta dan jagat raya. Semua tentang sejarah, bentuk, dan semua yang berhubungan dengan angaksa luar atau jagat raya.

perbedaan :
1. Kosmologi : ilmu yang mempelajari sejarah angkasa luar dengan skala besar.

2. Kosmografi : ilmu perbintangan yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada sebelumnya di alam raya.

3. Astrologi : Astrologi menunjuk kepada yang mana pun di antara beberapa sistem pengetahuan untuk mengerti, dan menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet.

4. Astronomi : ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.

Semua yang ada berdasarkan pada web - web yang telah disediakan.

Anonim mengatakan...

Nama :Adhita Retha Widhayanti
NIM :3201410083
Prodi :Pendidikan Geografi


PERBEDAAN KOSMOGRAFI,KOSMOLOGI,
ASTRONOMI,DAN ASTROLOGI

1.KOSMOGRAFI:Bagian ilmu perbintangan yang
mempelajari keadaan-keadaan
yang telah ada sebelumya
di alam raya,dengan tidak
mengingat mengenai
perubahab-perubahan fisik
dalam benda-benda langit.

2.KOSMOLOGI:Ilmu yang mempelajari
asal-usul,susunan,dan
evolusi alam raya.

3.ASTRONOMI:Ilmu yang melibatkan pengamatan
dan penjelasan kejadian yang
terjadi di luar bumi dan
atmosfernya,mempelajari
asal-usul,evolusi,sifat
fisik dan kimiawi
benda-benda langit.

4.ASTROLOGI:Ilmu yang menterjermahkan
tentang kenyataan dan
keberadaan manusiawi
berdasarkan posisi dan
gerak-gerik relatif
berbagai benda langit.

PERSAMAAN KOSMOGRAFI,KOSMOLOGI
ASTRONOMI,DAN ASTROLOGI

Sama-sama pempelajari tentang jagad raya dan alam semesta.

Anonim mengatakan...

NAMA : NISA KUSUMANINGTYAS
NIM : 3201410063

Persamaan antara Kosmografi, Kosmologi, Astronomi, dan Astrologi yaitu sama - sama mempelajari tentang jagat raya.

Perbedaanya
1. Kosmografi : ilmu yang mengkaji penggambaran alam semesta, baik langit maupun bumi (atau benda-benda langit lainnya). Kajian dari ilmu ini menghasilkan berbagai peta langit maupun bumi.

2. Kosmologi : ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar.

3. Astronomi : ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya.

4. Astrologi : ilmu yang menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif benda langit terutama matahari, bulan, planet.

Anonim mengatakan...

muhammad abdul jubair almasiih
3201410065

persamaan: sama sama ilmu yang mempelajari tentang benda benda langit dan tata surya kita

perbedaan:
1.kosmografi:ilmu yang menguraikan dan memberikan gambaran serta menjelaskan fenomena yang terjadi di alam semesta
2.kosmologi:ilmu pengetahuan yang berupaya memahami struktur spasial,temporal dan komposisional alam semesta
3.astronomi:ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi diluar bumi dan atmosfer
4.astrlogi:ilmu yang digunakan untuk menerjemah kan kegiatan benda benda langit untuk kepentingan manusia

Anonim mengatakan...

Nama : Hufron (3201410077)

Persamaaan : sama-sama mempelajari tentang benda-benda luar angkasa.

Perbedaan :
1. kosmologi : ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semsta berskala besar. secara khusu ilmu ini berhubungan dengan asal mula evolusi dari suatu objek.
2. kosmografi : ilmu pengetahuan yg menjelaskan tentang alam semesta dan hukum-hukum yang terjadi dialam semesta.
3. astronomi : secara etimologi adalah ilmnu bintang (bahasa yunani)
ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi diluar bumi dan atmosfernya. ilmu ini mempelajari asal usul,evolusi,sifat fisik dan kimiawi. benda-benda bumi yang bisa dilihat dilangit dan diluar bumi.
4. astrolgi : ilmu yang menerjemahkan tentang kenyataan dan keberdaan manusiawi berdasarkan posisi gerak gerik relatif benda langit.

Anonim mengatakan...

NAMA: LARAS SIH SUGIARTI
NIM : 3201410039

Persamaan : Suatu ilmu cabang dari geografi yang sama-sama mempelajari tentang alam semesta

Perbedaan :
- KOSMOGRAFI adalah suatu ilmu perbintangan yang mepelajari keadaan-keadaanyag telah ada sebelumnya di alam raya, dan tidak megenai perubahan fisik dalam benda-benda langit

- KOSMOLOGI adalah ilmu yang mempelajari asal-usul susunan dan evousi alam raya

-ASTRONOMI adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi diluar bumi dan atmosfernya

-ASROLOGI adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang perbintangan yang sering dibuat patokan untuk meramal dan mengetahui nasib seseorang

Anonim mengatakan...

Nama : lusiana febryanti
nim: 3201410097
perbedaan:
Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari seluruh alam semesta. Ini mempelajari struktur galaksi dan struktur ruang-waktu (warpage melalui lubang hitam dll), sifat waktu itu sendiri, massa dan energi, teori string, dan apakah sebenarnya ada Universes lainnya, dalam 'multiverse neverending' atau omniverse .
Kosmologi berbeda dari Astronomi. Astronomi tampaknya berkonsentrasi pada penamaan bintang dan deskripsi tata surya Bumi. Kosmologi lebih berkonsentrasi pada fisiologi Semesta seolah-olah.. Kosmologi mengerti bagaimana bintang-bintang bersinar dan kehilangan massa dan keruntuhan sedangkan astronomi hanya plot posisi dan nama bintang-bintang.

Astrologi: ilmu yang menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari.

Atau secara singkatnya astrologi adalah ilmu yang mengasumsikan bahwa takdir manusia dapat dikaitkan dengan letak benda-benda astronomis di langit
kosmografi adalah pengetahuan tentang seluruh susunan alam; pemerian (penggambaran) secara umum tentang jagat raya termasuk bumi.

persamaan:
kosmografi, kosmologi, astronomi,astrologi sama sama mempelajari benda langit dan jagat raya.

sumber:www.answer.com

Anonim mengatakan...

NAMA : IRMA VIDIAWATI
NIM : 3201410071


Persamaanya adalah sama - sama mempelajari tentang jagat raya dan alam semesta.

Perbedaanya
1. Kosmografi : :ilmu yang mempelajari jagad raya atau tatasurya dan aspek dinamikanya dalam hubungannya dengan gejala yang diakibatkan(alam dan kehidupan)

2. Kosmologi : ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar.

3. Astronomi : ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya.

4. Astrologi : ilmu yang menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif benda langit terutama matahari, bulan, planet.

Anonim mengatakan...

Zakki Maulana ( 3201410093 ) Pend. Geografi

Persamaan :
secara umum antara kosmografi, kosmologi, astronomi, dan astrologi memiliki lingkup ilmu yang sama yaitu sama-sama mempelajari jagat raya dan tata surya.

Perbedaan :
1. perbedaan antar kosmografi dan kosmologi yaitu, ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar.khususnya, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek.sedangkan kosmografi ialah bagian ilmu perbintangan yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada sebelumnya di alam raya, dengan tidak mengingat mengenai perubahan-perubahan fisik dalam benda-benda langit.

2. Perbedaan antara astronomi dan astrologi yaitu, astronomi mempelajari fenomena perbintangan atau sering disebut ilmu perbintangan.sedangkan astrografi menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif benda langit terutama matahari, bulan, planet.

Anonim mengatakan...

NAMA : PUNGKI RUDIANTO
NIM : 3201410003
PRODI : PENDIDIKAN GEOGRAFI


persamaanya ; sama_sama mempelajari alam semesta

perbedaan :
1.kosmografi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata surya dan aspek dinamikanya dalam hubungan dengan gejala yang di akibatkan alam dan manusia
2.kosmologi merupakan ilmu yang mempelajari asal mula alam semesta,secara khusus mempelajari kejadian suatu objek dan evolusi objek trsebut
3.astronomi adalah suatu ilmu yang mempelajari kejadian-kejadian di luar bumi dan atmosfernya.astronomi menggunakan metode ilmiah
4.astrologi merupakan ilmu yang mempelajari peredaran benda-benda langit untuk kegunaan manusia.astrologi tidak menggunakan metde ilmiah

Anonim mengatakan...

NAMA : JAYANTI MANDASARI
NIM : 3201410007

Persamaan antara kosmografi, kosmologi, astronomi, dan astrologi adalah sama-sama ilmu pengetahuan yang mengkaji seluruh atau sebagai isi dan benda langit dialam semesta.

perbedaan :
- kosmografi : menguraikan dan menggambarkan tentang alam semesta serta menjelaskan fenomena dan hukum-hukum dialam semesta.

- kosmologi : mempelajari tentang fenomena-fenomena dari alam semesta dalam skala besar serta kesatuan manusia yang ada didalamnya.

-astronomi : ilmu perbintangan yang melibatkan pengamatan dan menjelaskan kejadian yang terjadi diluar bumi serta mempelajari asal usul evolusi sifat fisik dan kimiawi benda benda yang bisa dilihat dilangit ( sifat nya ilmiah ).

-astrologi : ilmu perbintangan yang sering dibuat patokan untuk meramal dan mengetahui nasib seseorang ( sifat nya tidak ilmiah ).

Anonim mengatakan...

NIRWANTO
3201410061

persamaan:sama sama ilmu yang mempelajari tentang jagad raya serta benda benda lengit

perbedaan:
1.kosmografi:ilmu yang memberikan gambaran serta menjelaskan fenomena dan hukum yang terjadi di alam semesta

2.kosmologi:ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta dalam skala besar

3.astronomi:ilmu yang mempelajari tentang kejadian kejadian di luar bumi dan atmosfernya

4.astrlogi:ilmu yang menerjemahkan kegiatan benda benda langit untuk kepentigan manusia

Anonim mengatakan...

RISQI PURNAMASARI (3201410027)

#PERSAMAAN antara kosmografi, kosmologi, astronomi, dan astrologi "sama-sama mempelajari benda-benda langit dalam tata surya/jagad raya".

#RERBEDAAN
1. Kosmografi; merupakan ilmu yang mempelajari ruang angkasa(jagad raya/ tata surya) dan aspek dinamikanya dalam hubunganya dengan gejala yang diakibatkan (alam dan kehidupan).
2. Kosmologi; merupakan ilmu yang mempelajari stuktur dan sejarah alam semesta tanpa mengingat perubahan fisik dalam benda langit.Secara khusus, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek.
3. Astronomi;lmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.
4. Astrologi; Astrologi menunjuk kepada yang mana pun di antara beberapa sistem pengetahuan untuk mengerti, dan menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet, dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari.

Anonim mengatakan...

NAMA : GILANG SASONGKO
NIM : 3201410045


Dari opini yang saya sebutkan sebelumnya dapat di simpulkan bahwa persamaan diantara keempat istilah tersebut adalah sama-sama dan mengkaji tentang ruang angkasa dan gejala-gejala yang terjadi.

Anonim mengatakan...

Nama:istriani
Nim:3201410001
Prodi:pend.geografi

Persamaan : cabang ilmu geografi yang sama-sama mempelajari tentang alam semesta

Perbedaan:
kosmografi:ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar bumi dan atmosfernya.
Kosmologi: ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar.
Astronomi : ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar bumi dan atmosfernya.
Astrologi: ilmu yang menunjuk kepada yang manapun diantara beberapa sistem pengetahuan untuk mengerti tentang kenyataan dan keberadaan manusia berdasarkan posisi gerak gerik relatif benda langit

Anonim mengatakan...

NAMA:BUDI KUSUMAWARDANI
NIM:3201410057


PERSAMAAN:Sama-sama mempelajari tentang benda luar angkasa.



PERBEDAAN:

A.Kosmologi:mempelajari struktur dan sejarah alam, berskala besar dan secara khusus berhubungan dengan asal mula dan evolusi suatu subjek

B. Astronomi: mempelajari tentang asal usul evolusi, sifat fisik benda yang ada di luar angkasa.

C.Kosmografi: mempelajari tentang alam semesta dan menjelaskan hukum-hukum yang terjadi di alam semesta

D. Astrologi: menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi berdasarkan pusat dan gerak-gerik relatif benda langit terutama matahari, bulan, planet.

Anonim mengatakan...

MARIA SOFIANA (3201410017)

Persamaan: Ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit diangkasa luar.

Perbedaan:
1.kosmografi:ilmu yang mempelajari jagad raya dengan segala dinamika di jagat raya.
2.kosmologi:ilmu yang mempelajari asal mula atau sejarah dari suatu objek dijagad raya.
3.astrologi:ilmu yang menjel;askan tentangposisi atau gerak benda langit.
4.astronomi:ilmu yang mempelajariasal usul,evolusi,sifat fisik dan kimiawibenda-benda yang bisa dilihat dilangit.

sumber:
refrensi diinternet yang diedit.

Anonim mengatakan...

NAMA: TRI WAHYU ETIKAWATI
NIM 3201410025

1. kosmografi adalahbagian Ilmu Bintang. Dalam Ilmu Kosmografi diperbincangkan keadaan-keadaan yang telah ada dalam alam-raya.
Kosmografi memberi pergetahuan hubungan alam semesta benda-benda langit matahari, bulan, bintang-bintang, bumi dan sebagainya.

2. kosmologi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar. Secara khusus, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek. Kosmologi dipelajari dalam astronomi, filosofi, dan agama.

3. astronomi yang secara etimologi berarti "ilmu bintang", adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi),

4. astrologi menunjuk kepada yang mana pun di antara beberapa sistem pengetahuan untuk mengerti, dan menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet, dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari.

oktivian f.a mengatakan...

Nama : Oktivian f.a
Nim : 3201410011

menurut saya persamaan antara astronomi dengan astrologi adala sama-sama ilmu yang mempelajari tentang perbintangan atau benda yang ada di langit.
perbedaan antara astronomi dengan astrologi adalah astronmi merupakan ilmu yang melibatkan penelitian,pengamatan dan penjelasan tentang kejadia diluar bumi dan atmosfernya,ilmu ini mempelajari tentang asal usul,evolusi,sifat fisik dan kimia benda-benda dilangit dengan menggunakan metode yang ilmiah,sedangkan astrologi adalah ilmu semu yang mengkaitan bahwa takdir manusia dapat dikaitkan dengan benda-benda astronomis dilangit,tanpa mengguanakan metode ilmiah.
persamaan kosmografi dengan kosmologi adalah sama-sama ilmu yang mempelajari alam semesta.
perbedaannya adalah kosmografi merupakan ilmu yang mempelajari keadaan yang telah ada di jagad raya tanpa mengingat perubahan bentuk benda-benda tersebut.
sedangkan kosmologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana bumi terbentuk,proses-proses pembentukannya dan memprediksi bagaimana alam semesta ini akan berakhir(prosesnya).

Anonim mengatakan...

DEVINAL CHUSNUL CHOTIMAH (3201410049)

PERSAMAAN KOSMOGRAFI,KOSMOLOGI,ASTRONOMI,ASTROLOGI
~ Merupakan ilmu yang mengamati dan mempelajari alam semesta dan jagat raya beserta isinya (bendalangit/luar angkasa)serta segala kejadian yang ada di dalamnya dan akibatnya.

PERBEDAAN KOSMOGRAFI,KOSMOLOGI,ASTRONOMI, ASTROLOGI
~ Perbedaannya terletak pada inti kajian masing-masing:
1.Kosmografi :mengkaji keadaan-keadaan yang telah ada sebelumnya di jagat raya tanpa mengingat mengenai perubahan-perubahan fisik dalam benda langit tersebut.
2.Kosmologi :mengkaji struktur,sejarah(asal-usul),evolusi alam semesta dalam skala besar.
3.Astronomi :mengkaji asal-usul,evolusi,sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat dari langit dan proses yang melibatkannya.
4.Astrologi :kajiannya menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi berdasarkan posisi gerak relatif berbagai benda langit

Anonim mengatakan...

NAMA : DWI PUTRI MELIANA
NIM : 3201410051
PRODI : PEND. GEOGRAFI, smt 1

Perbedaan dalam Kosmografi, Kosmologi, Astronomi, dan Astrologi dapat dilihat dari segi manfaat dalam mempelajari masing-masing ilmu tersebut.
* Manfaat Kosmografi :
1. Penentuan kalender, waktu, dan musim di bumi
2. Perhitungan terjadinya gerhana
3. Perhitungan pasang surut air laut
4. Digunakan dalam Pelayaran dan Penerbangan
5. Penjelajah luar angkasa
* Manfaat Kosmologi :
1. Pemahaman manusia tentang dunia (alam semesta) yang dihuninya
2. Pengetahuan manusia memahami struktur spasial, temporal, dan komposisional alam semesta dalam skala besar.
* Manfaat Astronomi :
1. Pengetahuan asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.
* Manfaat Astrologi :
1. Mengetahui dan meramalkan nasib seseorang sesuai bintang dan zodiaknya

Persamaan antara Kosmografi, Kosmologi, Astronomi, dan Astrologi adalah Dalam menguraikan, menganalisis, maupun penggambaran mengunakan alam semesta sebagai objek kajiannya.

Anonim mengatakan...

NAMA : ARY WINDAWATI
NIM :3201410103

OPINI.......

PERSAMAAN
Sama-sama cabang ilmu yang mempelajari tentang alam semesta/ jagad raya dan aspek dinamikanya.


PERBEDAAN

1.Kosmografi : ilmu yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada sebelumnya di jagad raya dengan tidak memperhatikan perubahan-perubahan fisik benda langit.

2.Kosmologi :ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar.

3. Astronomi : mempelajari tentang asal usul evolusi, sifat fisik benda di luar angkasa.

4. Astrologi : menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif benda langit, terutama matahari,bulan, dan planet.

Unknown mengatakan...

NAMA : TAHTIROTUL MAFTUKHAH
NIM : 3201410043
PRODI : PEND.GEOGRFI

Persamaannya:Sama-sama mempelajari tentan tata
surya dan benda-benda luar angkasa.

Perbedaannya:

1.Kosmografi : ilmu yang mempelajari jagat raya dan aspek dinamikanya dalam hubungannya dengan gejala yang diakibatkannya.
2.Astrologi :ilmu yang mempelajari posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit.
3.Astronmi :ilmu yang mempelajari asal-usul evolusi,sifat fisik dankimiawi benda-benda langit yang bisa di lihat di langit(dan dari luar bumi),proses yang melibatkan mereka.
4.Kosmologi :ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar.

Anonim mengatakan...

NAMA : NAFIS KHOIRUNNISA MARDIANI
NIM : 3201410067
PRODI: PEND.GEOGRAFI


Persamaan : Sama-sama ilmu yang mempelajari tentang alam semesta dan jagat raya.


Perbedaan :

1. Kosmografi adalah Ilmu yang mempelajari tentang perbintangan.

2. Kosmologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang sejarah alam semesta yang ber sekala besar.

3. Astronomi adalah Ilmu yang mempelajari tentang kejadian-kejadian yang terjadi di luar bumi dan atmosfernya.

4. Astrologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi berdasarkan posisi gerak relatif benda langit.

Anonim mengatakan...

Nama :Rina Naily Soraya
NIM :3201410037
Prodi:Pend. Geografi

Persamaan:

Sama-sama mempelajari tentang benda-benda langit baik sifat,pergerakan, maupun gejala yang diakibatkan.


Perbedaan:

1.Kosmografi adalah ilmu yang mempelajari tata surya dan aspek dinamikanya dalam hubungannya dengan gejala yang diakibatkan(alam dan kehidupan)

2.Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta beskala besar atau tentang asal mula dan evolusi dari suatu subjek.

3.Astrologi adalah ilmu yang mempelajari posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit terutama matahari,bulan,dan planet.

4.Astronomi adalah ilmu yang mempelajari asal usul,evolusi,sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat dilangit dan diluar bumi serta proses yang melibatkan mereka.

Anonim mengatakan...

hijah nur cahyani
3201410055
pend geografi

persamaan:sama sama mempelajari tentang alam semesta

perbedaan:
1kosmografi:ilmu yang mempelajari benda band langit secara nyata
2.kosmologi:ilmu yang mempelajari tentang sejarah atau asal-usul alam semesta
3.astronomi:Ilmu adalah mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langitdan penjelasan apa yang ada di kuar bumi
4.astrologi:ilmu yang mempelajari pergerakan benda benda angkasa dan mengkubungkannya dengan kejadian di muka bumi yang bersifat manusiawi

Anonim mengatakan...

Nama : Noviar Ardinastiti
Nim : 3201410059


Persamaan :
1.Kosmografi, Kosmologi, Astronomi, dan Astrologi yaitu sama - sama mempelajari tentang jagat raya atau alam semesta.
2.sama-sama cabang dari ilmu geografi.

Perbedaan :

Kosmografi :ilmu yang mengkaji penggambaran alam semesta, baik langit maupun bumi (atau benda-benda langit lainnya).

Kosmologi :ilmu yang mempelajari sejarah atau asal mula terbentuknya jagat raya.

astronomi :adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya

astrologi :ilmu yang mempelajari tentang fenomena benda langit (bintang) yang digunakan sebagai dasar menerjemahkan kehidupan manusia.

Anonim mengatakan...

NAMA : ROHIMA MULYATI
NIM : 3201410085

PERSAMAAN :ilmu yang sama-sama mempelajari tentangg benda luar angkasa (langit)

PERBEDAAN :
1. Kosmografi: ilmu yang menguraikan dan memberikan gambaran tentang alam semesta serta menjelaskan hukum-hukum yang terjadi di alam semesta.

2. Kosmologi: ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar, secara khusus ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi suatu objek

3.Astronomi: ilmu yang mengkaji asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat dari langit dan proses yang melibatkannya.

4. Astrologi: ilmu perbintangan yang menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif benda langit terutama matahari, bulan dan planet.

Anonim mengatakan...

NAMA:SUKRON ROMADHONA
NIM : 3201410075

PERASAMAAN:Secara meluas persamaan antara ilmu kosmografi,kosmologi.astronomi,astrologi,terletak pada sama sama mempelajari/mengkaji tentang apa yang ada di jagat raya dan alam semesta ini

PERBEDAAN

KOSMOGRAFI:adalah bagian ilmu bintang, yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada di jagad raya yang telah ada tanpa mengingat perubahan bentuk-bentuk benda. Ilmu kosmografi memberi pelajaran tentang riwayat pertumbuhan kosmo.

KOSMOLOGI:salah satu cabang ilmu astronomi, dengan fokus utama pada alam semesta skala besar (cosmos). Yang dipelajari dalam kosmologi antara lain bagaimana terbentuknya alam semesta, proses-proses apa saja yang mungkin terjadi sejak awal terbentuk sampai sekarang, dan juga memprediksi bagaimana akhir alam semesta ini kelak – kalau ternyata alam semesta memiliki akhir.

ASTRONOMI:Astronomi berasal dari bahasa Yunani yaitu “astro” dan “nomos”. Astro artinya bintang dan nomos artinya hukum. Astronomi ialah ilmu yang mempelajari benda-benda antariksa secara umum dan hukum-hukum yang berkaitan dengannya.

ASTROLOGI:astrologi yaitu suatu ilmu perbintangan yang sering dibuat patokan untuk meramal dan mengetahui nasib seseorang;

KESIMPULAN : Menurut saya dari ke empat cabang ilmu tersebut intinya sama sama mngenai yang berkaitan dengan apa yang ada di alam semesta ini.

Anonim mengatakan...

DYAH RAHMA PERTIWI
3201410107

Persamaan :
Kosmografi, kosmologi, astronomi, dan astrologi mempunyai lingkup ilmu yang sama yaitu sama-sama mempelajari jagat raya.

Perbedaan :
A.Kosmografi dan kosmologi yaitu, ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek. Sedangkan kosmografi ialah bagian ilmu perbintangan yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada sebelumnya di alam raya, dengan tidak mengingat mengenai perubahan-perubahan fisik dalam benda-benda langit.

B. Perbedaan antara astronomi dan astrologi yaitu, astronomi mempelajari fenomena perbintangan atau sering disebut ilmu perbintangan.Sedangkan astrologi menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif benda langit terutama matahari, bulan, planet.

Anonim mengatakan...

Nama: Hartika Argi Dewi
NIM: 3201410053
Prodi: Pend. Geografi

Persamaan dari ke-4 disiplin ilmu tersebut adalah sama-sama mempelajari tentang alam semesta khusunya tentang benda-benda langit/ruang angkasa.

Perbedaan:
Kosmografi: ilmu yang mempelajari tentang fenomena dan hokum-hukum yang terjadi di alam semesta baik di langit atau di bumi/ benda-benda langit lainnya.
Kosmologi: ilmu yang mempelajari sejarah/asal-usul, susunan, evolusi alam semesta berskala besar.
Astronomi:Ilmu yang mempelajari tentang kejadian yang terjadi di luar bumi dan atmosfernya dengan menggunakan pengamatan dan analisis secara ilmiah.
Astrologi : ilmu yang mengkaitkan tentang hubungan gerak benda-benda langit dengan kehidupan alam nyata manusia missal penentuan nasib, hari keberuntungan, dll yang tidak menggunakan analisis ilmiah melainkan hanya bersandar pada pemikiran/akal manusia semata.

Anonim mengatakan...

NAMA : RONI DITA ARIESTIYANA
NIM : 3201410009


PERSAMA'AN MENDASAR DARI ASTROLOGI,ASTRONOMI,KOSMOGRAFI,DAN KOSMOLOGI ADALAH, 4 MACAM ILMU TERSEBUT MENGKAJI TENTANG JAGAD RAYA DAN BENDA-BENDA LUAR ANGKASA YANG ADA DIDALAMNYA BESERTA SIFAT DAN RELASINYA.

A.PERBEDA'AN
ASTROLOGI ADALAH SUATU ILMU YANG MEGKAJI TENTANG HUBUNGAN GERAK-GERAK RELATIF BERBAGAI BENDA LANGIT DENGAN WAKTU DAN TEMPAT LAHIR SESEORANG UNTUK MENGANALISA NASIB SESEORANG,DALAM ILMU INI SEORANG AMATIR TAK DAPAT BERPERAN AKTIF KARENNA ILMU INI TIDAK MENGGUNAKAN METODE ILMIAH YANG TEPAT.

B.ASTRONOMI ADALAH ILMU YANG MENGKAJI JAGAD RAYA UNTUK MENDAPATKA PENJELASAN ILMIAH TENTANG BERBAGAI KEJADIAN YANG TERJADI DI BUMI DAN JAGAD RAYA DENGAN MELIBATKAN PENGAMATAN DAN PENJELASAN YANG TERJADI DI LUAR BUMI DAN ATMOSFERNYA,DIMANA SEORANG AMATIR DAPAT BERPERAN SEBAGAI PENEMU DAN PENGAMAT KARENA ILMU INI MENGGUNAKAN METODE ILMIAH.

C.KOSMOGRAFI ADALAH ILMU YANG MENGKAJI ALAM SEMESTA DENGAN MENITIK BERATKAN TENTANG PERUBAHAN SIFAT BUMI SEBAGAI PLANET DAN HUBUNGANYA DENGAN PLANET-PLANET DAN BENDA LUAR AGKASA LAINYA DENGA MEMPELAJARI KEADAAN YANG ADA SEBELUMNYA.

D.KOSMOLOGI ADALAH ILMU YANG MEMPELAJARI SUSUNAN,STRUKTUR, ASAL-USUL DAN EVOLUSI ALAM SEMESTA

Nadhifa Herbal Soap Tegal mengatakan...

NAMA :HILDA FIKRIYATI
NIM :3201410023
PRODI:PEND.GEOGRAFI

Perbedaan:

1. Kosmografi adalah ilmu bintang, yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada di jagad raya yang telah ada tanpa mengingat perubahan bentuk-bentuk benda. Ilmu kosmografi memberi pelajaran tentang riwayat pertumbuhan kosmo.

2. Kosmologi adalah salah satu cabang ilmu astronomi, dengan fokus utama pada alam semesta skala besar (cosmos).

3. Astronomi, yang secara etimologi berarti "ilmu bintang" adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya.

4. Astrologi adalah ilmu yang mempelajari pergerakan planet, bulan, matahari, dan bintang-bintang yang diyakini berkaitan dengan nasib manusia, baik secara individu maupun masyarakat.

persamaannya:

1. Sama-sama mempelajari Jagat Raya, Angkasa luar dan Tata surya.

2. Kosmografi, Kosmologi, Astronomi dan Astrologi adalah Ilmu cabang Geografi

Anonim mengatakan...

NAMA : ZU'AMA HILMA ISMANI
NIM : 3201410101

OPINI...

Persamaan :
Sama-sama ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit dan aspek-aspek dinamikanya dalam hubungannya dengan gejala yang diakibatkan bagi alam dan kehidupan

Perbedaan :
1.Kosmografi : ilmu yang mempelajari tentang jagat raya (tata surya) dalam hubungannya dengan gejala yang diakibatkan serta tidak memperhatikan perbedaan fisik

2.Kosmologi : ilmu yang mempelajari tentang sejarah (asal-usul)serta struktur alam semesta

3.astronomi: ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat fisik asal-usul,evolusi benda-benda langit di luar atmosfer bumi,seperti : matahari,bulan,bintang dll

4.Astrologi : ilmu yang mempelajari tentang perbintangan menerjemahkan tentang kenyataan berdasarkan pusat dan gerak-gerik benda-benda langit

Unknown mengatakan...

NAMA :TAHTIROTUL MAFTUKHAH
NIM :3201410043
PRODI:Pend.Geografi

persamaannya:
sama-sama mempelajari jagat raya dan benda-benda di luar angkasa.

perbedaanya :

1.Kosmografi:ilmu yg mempelajari jagat raya dan aspek dinamikanya dalam hubungannya dg gejala yg di akitbatkan(alam dan kehidupan).

2.Astrologi :ilmu yg mempelajari posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit.

3.Astronomi :ilmu yg mempelajari asal-usul evolusi,sifat fisik dan kimiawi benda-benda langit yg bisa du lihat di langit (dan dari luar bumi),juga proes yg melibatkan mereka.

4.Kosmologi :ilmu yg mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar.

Anonim mengatakan...

NAMA:ZAIMATUL MILLAH
NIM:3201410035 PERSAMANNYA:
Yang menjadi objek kajiannya adalah benda langit dan seluruh yang ada dalam jagat raya ini.
PERBEDANNYA:
*KOSMOGRAFI
Merupakan ilmu bintang, yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada di jagad raya yang telah ada tanpa dengan fokus utama pada alam semesta skala besar (cosmos0)
*KOSMOLOGI
ilmu yang berupaya memahami struktur spasial, temporal, dan komposisional alam semesta.Serta mempelajari peristiwa-peristiwa penting kosmis termasuk asal mula kehidupan dan kesadaran di planet bumi.
*ASTRONOMI
ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya.Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi)
*ASTROLOGI
Ilmu semu yang mengaitkan bahwa takdir manusia terkait dengan benda langit.Hai ini di karnakan yang menjadi sistem pengetahuannya adalah untuk mengerti dan menterjemahkan kenyataan berdasarkan posisi dan gerak berbagai benda langit.
Antara astronomi dan astrologi terdapat perbedaan yang mencolok.
Jika astronomi mengunakan metode ilmia sedangkan astrologi tidak.

Anonim mengatakan...

NAMA :NURUSSYIFA,
NIM :3201410047
PRODI;PEND.GEOGRAFI


Persamaan : sama-sama ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit dalam jagat raya.

Perbedaan :
1.kosmografi : bagian ilmu perbintangan yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada sebelumnya d alam raya dengan tidak mengingat mengenai perubahan fisik dalam benda langit.
2.kosmologi : ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar.
3.astronomi : ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar bumi dan atmosfer.
4.astrologi : ilmu ramalan yang mengajarkan bahwa kedudukan matahari, bulan dan planet-planet di langit mempunyai suatu pengaruh terhadap orang-orang dan urusan manusia.

Demikian komentar yang dapat saya sampaikan. Trima kasih.

Anonim mengatakan...

Masfiatun
3201410091

Persamaan Kosmografi, Kosmologi, Astronomi, Astrologi adalah ilmu yang sama-sama mempelajari tentang alam semesta atau jagad raya.

Perbedaan Kosmografi, Kosmologi, Astronomi, Astrologi.
1. Kosmografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari seluruh susunan alam secara umum tentang jagad raya.

2. Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta yang berskala besar.

3. Astronomi adalah ilmu yang mempelajari kejadian di luar bumi dan atmosfernya atau disebut ilmu perbintangan.

4.Astrologi adalah suatu pengetahuan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi berdasarkan posisi gerak gerik relatif berbagai benda langit seperti matahari, bintang, planet.

Anonim mengatakan...

NAMA:NUR HAFIDHOH
NIM :3201410033
PRODI:PEND.GEOGRAFI.S1
PERBEDAAN:
1.Kosmografi (harafiah berarti "pengukuran langit") adalah ilmu yang mengkaji penggambaran alam semesta, baik langit maupun bumi (atau benda-benda langit lainnya). Kajian dari ilmu ini menghasilkan berbagai peta langit maupun dipelajari dalam astronomi, filosofi, dan agama bumi.
2.Kosmologi berasal dari bahasa Yunani “cosmos” yang artinya alam semesta, dan “logos” yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi Kosmologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mengupas lebih rinci tentang alam semesta, baik berupa struktur spesial, temporal dan komposisional alam semesta.
3.Astronomi, yang secara etimologi berarti "ilmu bintang" (dari Yunani: άστρο, + νόμος), adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.
4.Astrologi artinya ilmu perbintangan dalam arti untuk tujuan nujum (ramal-meramal) sedangkan astronomi ilmu yang mengamati keadaan luar angkasa (tatasurya)
PERSAMAAN:
Baik kosmografi,kosmologi,astronomi,maupun astrorogi sama-sama merupakan ilmu yang mempelajari tentang jagat raya,tata surya dan alam semesta serta merupakan cabang dari geografi.

Anonim mengatakan...

FELLA OKTAVIANA
3201410109

Persamaan Kartografi,Kosmologi,Astronomi,Astrologi adalah ilmu yang sama-sama mempelajari tentang benda-benda langit ,alam semesta atau jagad raya.

1.Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari struktur ,sejarah alam semesta dengan skala besar.Yang berhubungan dengan asal mula dan evolusi pada suatu objek.

2.Kosmografi adalah lmu yg mempelajari jagat raya dan aspek dinamikanya dalam hubungannya dg gejala yang diakibatkannya.

3.Astronomi adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar bumi dan atmosfirnya, dan membahas tentang asal usul evaluasi statistik&kimiawi benda-benda yang bisa di lihat di langit.

4.Astrologi adalahalah ilmu yang mempelajari benda-benda antariksa secara umum dan hukum-hukum yang berkaitan dengannya.

Anonim mengatakan...

Nama: AULIA ISTIQOMAH
NIM 3201410089
Prodi: Pend.Geografi

.......................OPINI......................

PERSAMAAN
"Ilmu yang sama-sama mempelajari tentang fenomena-fenomena alam yang terjadi di jagad raya atau tata surya,dikaji dan dipelajari untuk mengetahui bagaimana angkasa luar baik dari segi terbentuknya,perkembangan,isi,susunan sejarah.

PERBEDAAN
1.Kosmografi: Disebut juga dengan ilmu perbintangan yaitu yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada sebelumnya dengan seluruh susunan alam baik secara umum maupun secara khusus tentang alam jagad raya ini.
2.Kosmologi : Ilmu yang mempelajari tentang struktir spasial,temporal dan komposional alam semesta yang berskala besar.
3.Astronomi : Ilmu yang mempelajari tantang keadaan ataau kondisi diluar bumi dan atmosfernya
4.Astrologi : Ilmu yang mempelajari tentang kedudukan matahari,bulan dan planet-planet beserta benda langit lainya,mempunyai pengaruh besar juga terhadap aktivitas manusia yang ada di bumi.
Antara astronomi dan Astrologi juga terdapat perbedaan yang mencolok yaitu jika Astronomi mengunmakan metode ilmiah jika Astrologi tidak.

Anonim mengatakan...

Nama: Wiwik Lestariningsih
NIM: 3201410095

perbedaan:
- kosmografi: bagian ilmu perbintangan yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada sebelumnya di alam raya, dengan tidak mengingat mengenai perubahan-perubahan fisik dalam benda-benda langit.
- kosmologi: ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar. Secara khusus, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek.
- astronomi:ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.
- astrologi:Astrologi menunjuk kepada yang mana pun di antara beberapa sistem pengetahuan untuk mengerti, dan menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet, dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari.

jdi persamaanya adl sma2 mrpakan ilmu yg mmpljri ruang angksa dan bnda2 langit.

Anonim mengatakan...

nama:Albertus Kristianto Nugroho
Nim :3201410005

Perbedaan:
Kosmografi:mempelajari keadaan-keadaan jagad raya tanpa mengingatperubahan bentuk-bentuk benda.

kosmologi:ilmu yang mempelajari alam semesta, proses-proses apa saja yang mungkin terjadi sejak awal terbentuk sampai sekarang.

astronomi: ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar bumi dan atmosfernya.

astrologi:Ilmu perbintangan yang mengaitkannya dengan keadaan manusia di bumi.


Persamaa:ilmu yang mempelajari tata surya dan benda-benda langit yang ada didalamnya.

Anonim mengatakan...

Nama : Pradika Adi W
Nim : 3201410031
Jur : Pendidikan Geografi

Persamaan :
Kosmografi,Kosmologi,Astronomi,Dan Astrologi sama-sama menggunakan obyek berupa brnda luar angkasa sebbagai bahan pengkasi ilmu pengetahuan tersebut.

Perbedaan :

Astronomi : Ilmu yang mempelajari asal usul evolusi sifat fisik dan kimiawi benda yang bisa dilihat di langit dan luar bumi.
Kosmografi : Ilmu yang menkaji penggambaran alam semesta baik langit maupun bumi atau benda langit lainnya.
Astrologi :Mempelajari kenyataan keberadaan manusiawi berdasarkan gerak gerik relatif benda langit.
Kosmologi : Ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar

maulana west mengatakan...

Maulana Magribi
3201410099
pend.geografi

persamaan antara KOSMOGRAFI, KOSMOLOGI, ASTRONOMI, ASTROLOGI yaitu semuanya mempelajari benda-benda diluar bumi/benda-benda langit

perbedaan

1.kosmografi: mengkaji penggambaran alam semesta, baik langit maupun bumi (atau benda-benda langit lainnya). Kajian dari ilmu ini menghasilkan berbagai peta langit maupun bumi.
2.Kosmologi yang dipelajari adalah struktur dan sejarah alam semesta berskala besar. bisa dibilang ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek.
3.astronomi yang dipelajari adalah asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.
4.astrologi yang dipelajari penerjemahan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet, dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari

Anonim mengatakan...

NAMA : MIFTAHUL JANNAH
NIM : 3201410081
PRODI : PENDIDIKAN GEOGRAFI

Astronomi, adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.

Kosmografi adalah ilmu yang mengkaji penggambaran alam semesta, baik langit maupun bumi (atau benda-benda langit lainnya). Kajian dari ilmu ini menghasilkan berbagai peta langit maupun bumi

Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar. Secara khusus, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek.

Astrologi :ilmu yg mempelajari posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit.

Persamaan :
Sama-sama ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit dan aspek-aspek dinamikanya dalam hubungannya dengan gejala yang diakibatkan bagi alam dan kehidupan



Perbedaan :
1.Kosmografi : ilmu yang mempelajari tentang jagat raya (tata surya) dalam hubungannya dengan gejala yang diakibatkan serta tidak memperhatikan perbedaan fisik

2.Kosmologi : ilmu yang mempelajari tentang sejarah (asal-usul)serta struktur alam semesta

3.astronomi: ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat fisik asal-usul,evolusi benda-benda langit di luar atmosfer bumi,seperti : matahari,bulan,bintang dll

4.Astrologi : ilmu yang mempelajari tentang perbintangan menerjemahkan tentang kenyataan berdasarkan pusat dan gerak-gerik benda-benda langit

Anonim mengatakan...

NAMA:ANDIKA FITRIYANTO
NIM :3201410029

KOMENTAR
PERSAMAAN:PERSAMAAN KOSMOGRAFI,KOSMOLOGI,ASTRONOMI,ASTROLOGI adalah sama-sama mempelajari atau mengkaji benda-benda luar angkasa,jagad raya dan alam semesta alam di dalam ilmu pengetahuan tersebut


PERBEDAAN:
Kosmografi adalah bagian ilmu bintang yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada di jagad raya yang telah ada tanpa mengingat perubahan bentuk-bentuk benda.
Kosmologi adalah salah satu cabang ilmu astronomi, dengan fokus utama pada alam semesta skala besar (cosmos).
astronomi adalah ilmu yang mempelajari kondisi fisik, kimiawi, dan evolusi benda-benda langit tanpa kaitan dengan nasib manusia.
Astrologi adalah ilmu yang mempelajari pergerakan planet, bulan, matahari, dan bintang-bintang yang diyakini berkaitan dengan nasib manusia, baik secara individu maupun masyarakat.

Marifahmahapalaunnes mengatakan...

NAMA : MA`RIFAH
NIM : 3201409045
PRODI : PEND. GEOGRAFI
Kosmografi adalah bagian ilmu bintang, yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada di jagad raya yang telah ada tanpa mengingat perubahan bentuk-bentuk benda. Ilmu kosmografi memberi pelajaran tentang riwayat pertumbuhan kosmo.
Kosmologi adalah salah satu cabang ilmu astronomi, dengan fokus utama pada alam semesta skala besar (cosmos). Yang dipelajari dalam kosmologi antara lain bagaimana terbentuknya alam semesta, proses-proses apa saja yang mungkin terjadi sejak awal terbentuk sampai sekarang, dan juga memprediksi bagaimana akhir alam semesta ini kelak – kalau ternyata alam semesta memiliki akhir.
Astronomi, yang secara etimologi berarti "ilmu bintang" (dari Yunani: άστρο, + νόμος), adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.
astrologi adalalh suatu ilmu perbintangan yang sering dibuat patokan untuk meramal dan mengetahui nasib seseorang.

mohamad komarudin mengatakan...

Nama: Mohamad Komarudin
Nim: 3201409003
prodi: Pend. Geografi

Persamaan Kosmografi, Kosmologi, astronomi, astrologi
adalah sama - sama disiplin ilmu yang mempelajari tentang perbintangan luar angkasa

Perbedaan
-Kosmografi adalah ilmu bintang, yang mempelajari keadaan-keadaan yang telah ada di jagad raya yang telah ada tanpa mengingat perubahan bentuk-bentuk benda. Ilmu kosmografi memberi pelajaran tentang riwayat pertumbuhan kosmo.

-Kosmologi adalah salah satu cabang ilmu astronomi, dengan fokus utama pada alam semesta skala besar (cosmos). Yang dipelajari dalam kosmologi antara lain bagaimana terbentuknya alam semesta, proses-proses apa saja yang mungkin terjadi sejak awal terbentuk sampai sekarang, dan juga memprediksi bagaimana akhir alam semesta ini kelak – kalau ternyata alam semesta memiliki akhir.

-Astronomi, yang secara etimologi berarti "ilmu bintang" (dari Yunani: άστρο, + νόμος), adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.

-Astrologi adlah disiplin ilmu yang mempelajari tentang perbintangan yang ada di luar angkasa dan, sebagian ada orang yang mempercayai astrologi sebagai ilmu untuk meramal dan mengetahui nasib seseorang

Sumber:www.wikipedia.com

ana fauzia geo mengatakan...

NAMA : ANA NUR FAUZIYAH
NIM : 3201409004
PRODI : PEND. GEOGRAFI

Persamaan :
Ilmu Kosmografi, Kosmologi, astronomi, astrologi yaitu sama-sama ilmu yang mempelajari tentang benda - benda langit dalam tata surya atau jagat raya ini.

Perbedaan :
a. Kosmografi: ilmu yang menguraikan dan memberikan gambaran tentang alam semesta serta menjelaskan hukum-hukum yang terjadi di alam semesta.
b. Kosmologi adalah salah satu cabang ilmu astronomi, dengan fokus utama pada alam semesta skala besar (cosmos).
c. Astronomi : Ilmu yang mempelajari tantang keadaan ataau kondisi diluar bumi dan atmosfernya
d. Astrologi :Mempelajari kenyataan keberadaan manusiawi berdasarkan gerak gerik relatif benda langit.

Anonim mengatakan...

CHUSNUL KHOTIMAH (3201410021)
PEND.GEOGRAFI
Persamaan :ilmu yang mempelajari tentang perbintangan di sistem tata surya.
Perbedaan:
kosmografi:Bagian ilmu perbintangan yang mempelajari keadaan yang telah ada sebelumnya di alam raya dengan tidak ada sebelumnya di alam raya dengan tidak mengingat perubhan perubahan fisik dalam benda benda langit
Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar. Secara khusus, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek. Kosmologi dipelajari dalam astronomi, filosofi, dan agama
Astronomi adalah salah satu di antara sedikit ilmu pengetahuan di mana amatir masih memainkan peran aktif, khususnya dalam hal penemuan dan pengamatan fenomena sementara.
astrologi:ilmu yang mempelajari ilmu perbintanhgan yang dikaitkan dengan ilmu meramal

Link demografi mengatakan...

astro= bintang (benda), nomos, tatanan, ruang, tatanan ruang.
Kosmo= alam semesta sebagai (ruang)

logos= ilmu, cara berpikir yang ber metode

serupa tapi tak sama, berbeda namun memiliki hakekat yang sama hanya... pada sudut pandang dan konsep berpijak....

jika diletakkan dalam kontek kata
kosmonot dan astronot...? kosmonot, istilah rusia, dan astronot, istilah amerika...

Posting Komentar