Laman

PERKULIAHAN KOSMOGRAFI (1 & 2/10/2013)

TATA KOORDINAT
Bumi kita yang berbentuk bola atau disebut dengan bidang fundamental. Tata koordinat bola adalah bidang yang membagi bola menjadi dua hemisfer, tempat sumbu x dan sumbu y koordinat berada. Lintang sebuah titik di permukaan bola kemudian dinyatakan sebagai sudut antara bidang fundamental dan garis yang menghubungkan titik tersebut dengan pusat bola. Pada tata koordinat geografi, bidang fundamental adalah ekuator Bumi. Berbagai tata koordinat langit memiliki bidang fundamental yang berbeda-beda:
  1. Tata koordinat horizon menggunakan horizon pengamat; Tata koordinat horison merupakan tata koordinat yang paling mudah, khususnya mudah dilukis. Tetapi tata koordinat ini mempunyai kelemahan. Hal ini disebabkan terbit dan terbenamnya benda-benda langit tersebut tidak tetap pada suatu titik, juga tingginya selalu berubah-ubah. 
  2. Tata koordinat ekuator menggunakan ekuator langit;Dalam menentukan kedudukan benda-benda langit yang lebih tepat harus digambarkan/dilukiskan pada tata koordinat Equator. Pada tata koordinat ini sebagai koordinat benda-benda langit yang utama adalah : 1) Ascencio recta (kenaikan tegak) sebagai absis, dan 2) Deklinasi sebagai ordinat  
  3. Tata koordinat ekliptika menggunakan ekliptika; Ekliptika adalah lingkaran yang ditempuh matahari dalam waktu setahun di antara bintang-bintang atau zodiak (12 rasi bintang) 
 Dalam tata koordinat dikenal beberapa istilah, yaitu:
  1. Bola langit
  2. Meridian langit
  3. Garis Horison
  4.  Sumbu Langit
  5. Kutub Langit
  6. Azimuth
  7. Tinggi Kutub
  8. Equator Langit
  9. Ascensio Recta
  10. Titik Aries
  11. Waktu Bintang
  12. Sudut Jam Bintang
  13. Deklinasi bintang positif
  14. deklinasi bintang negatif
  15. Lingkaran Deklinasi
  16.  Titik Kulminasi Atas
  17. Titik Kulminasi Bawah
Tugas Saudara:
  • Deskripsikan masing-masing istilah di atas (pengertian dan fungsi)
  • Ditulis tangan
  • Dikumpulkan hari Kamis, jam 07.00 (waktu kuliah TIK untuk yang kuliah tanggal 2)

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar